PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK & INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA AKUN GRUP FACEBOOK BELAJAR BAHASA ARAB DAN AKUN INSTAGRAM @ARABIYAHTALKS)

Hamasliko Mahdawati, NIM.: 15420015 (2021) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK & INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA AKUN GRUP FACEBOOK BELAJAR BAHASA ARAB DAN AKUN INSTAGRAM @ARABIYAHTALKS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK & INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA AKUN GRUP FACEBOOK BELAJAR BAHASA ARAB DAN AKUN INSTAGRAM @ARABIYAHTALKS))
15420015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK & INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA AKUN GRUP FACEBOOK BELAJAR BAHASA ARAB DAN AKUN INSTAGRAM @ARABIYAHTALKS))
15420015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pemanfaatan media sosial facebook & instagram dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Indonesia sehingga media sosial bukan hanya berfungsi sebagai hiburan (entertainment), tetapi juga sebagai pendidikan (education). Adapun objek dalam penelitian ini adalah Akun Grup Facebook Belajar Bahasa Arab dan Akun Instagram @Arabiyahtalks. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penjelasan data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pemanfaatan media sosial facebook & instagram sebagai media pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan oleh Akun Grup Facebook Belajar Bahasa Arab & Akun Instagram @Arabiyahtalks termasuk dalam pola pemanfaatan media di luar situasi kelas. Pengelolaan kedua akun tersebut bersifat mandiri yaitu terlepas dari lembaga pendidikan formal dan tidak mengacu pada kurikulum yang ada di sekolah maupun madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Sosial, Facebook, Instagram, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Media Sosial
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:28
Last Modified: 14 Jan 2022 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum