PENGEMBANGAN MEDIA SABUN GEOMETRI PALM OIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI TK AZ-ZAKY MUSI BANYUASIN SUMATRA SELATAN

Azizah Nurjanati, NIM.: 16430047 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SABUN GEOMETRI PALM OIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI TK AZ-ZAKY MUSI BANYUASIN SUMATRA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA SABUN GEOMETRI PALM OIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI TK AZ-ZAKY MUSI BANYUASIN SUMATRA SELATAN)
16430047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA SABUN GEOMETRI PALM OIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI TK AZ-ZAKY MUSI BANYUASIN SUMATRA SELATAN)
16430047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

TK Az-zaky merupakan Lembaga Pendidikan prasekolah satu satunya di desa loka jaya Keluang Musi Banyuasin Sumatra Selatan dan baru berdiri 6 tahun sehingga masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Penelitian ini dilatar belakangi melihat perkembangan kognitif peserta didik TK Az-zaky yang belum berkembangan dengan baik dan penggunaan media pembelajaran yang masih jarang di TK Az-zaky. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan media Sabun Geometri Palm Oil untuk meningkatkan kognitif anak yang mana minyak sawit (Palm Oil) adalah sumber daya alam yang ada di sekitar TK Az-zaky. Maka dari itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa Sabun Geometri Palm Oil untuk meningkatkan Kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Az-zaky Musi Banyuasin Sumatra Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) digunakannya jenis penelitian ini untuk (1) mengetahui pengembangan media Sabun Geometri Palm Oil untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun dengan menggunakan model lima tahap (mantap) yang dikembangkan oleh Sumarni, Istiningsih dan Nugraheni serta (2) untuk mengetahui kelayakan media Sabun Geometri Palm Oil untuk Mengembangkan Kognitif pada anak sia 5-6 Tahun berdasarkan penilaian dari dosen ahli materi, ahli media, dua pendidik PAUD serta ditanggapi oleh 12 peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan media Sabun Geometri Palm Oil berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas media Sabun Geometri Palm Oil ini Baik (B) dengan skor 40 dari skor maksimal 50 dengan presentase keidealan 80%. Berdasarkan penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas media Sangat Baik (SB) dengan skor 65 dari skor maksimal 70 dengan presentase keidealan 93%. Berdasarkan penilaian pendidik PAUD menunjukkan bahwa kualitas media Sangat Baik (SB) dengan skor 105 dari skor maksimal 120 dengan presentase keidealan 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Media Sabun Geometri Palm Oil, Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun, TK Az-Zaky
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:51
Last Modified: 14 Jan 2022 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum