STUDI KOMPARASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB PADA KELAS VIII DI MTs SILA DAN MTsN 4 BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021

I’in Wahyuningsih, NIM.: 17104020008 (2021) STUDI KOMPARASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB PADA KELAS VIII DI MTs SILA DAN MTsN 4 BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB PADA KELAS VIII DI MTs SILA DAN MTsN 4 BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB PADA KELAS VIII DI MTs SILA DAN MTsN 4 BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Penerapan Kurikulum 2013 Bahasa Arab pada kelas VIII di MTs SILA dan di MTsN 4 Bima (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan Kurikulum 2013 Bahasa Arab pada kelas VIII MTs SILA dan di MTsN 4 Bima. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, staf TU, guru, dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di MTs Sila dan MTsN 4 Bima. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komparasi penerapan kurikulum 2013 Bahasa Arab pada kelas VIII di MTs Sila dan MTsN 4 Bima sudah berjalan dengan maksimal, Pelaksanaan Kurikulum 2013 di MTs Sila maupun MTsN 4 Bima dalam pelaksanaan kurikulum 2013 nya sudah sukses, mulai dari tahap persiapan para guru mapel diikutkan diberbagai pelatihan dan diikutkan dalam kerja sama MGMPS untuk menyempurnakan pengetahuan yang dimilki para guru sampai tahap evaluasi dan penilaian. Terdapat faktor pendukung dan penghambat penerapan Kurikulum 2013 faktor penghambatnya terdapat kesulitan memahami implementasi kurikulum 2013 karena isi materi terlalu ribet dan terlalu dalam untuk di maknai. Secara umum baik siswa maupun guru tidak menemukan kesulitan dalam pengimplementasian kurikulum 2013 karena materinya sangat berhubungan dengan kegiatan kehidupan sehari-hari dan ada keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lain, dan harus diperbaiki adalah pada pemenuhan prasarannya yang belum sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pernbimbing: Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, MTs SILA, MTsN 4 Bima
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 14:40
Last Modified: 14 Jan 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum