PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AR-RUUM TAJI PRAMBANAN KLATEN

Ida Nur Rohmah, NIM.: 17104030063 (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AR-RUUM TAJI PRAMBANAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AR-RUUM TAJI PRAMBANAN KLATEN)
17104030063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AR-RUUM TAJI PRAMBANAN KLATEN)
17104030063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap penggunaan metode Iqro’ dalam kemampuan membaca Al-Qur’an, untuk mengetahui penggunaan metode Iqro’ dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qut’an pada anak kelompok B di RA Ar-Ruum Taji Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menyajikan data secara sistematik dan memaparkan objek yang sebenarnya dilapangan. Lokasi penelitian di RA AR-Ruum Taji Prambanan Klaten. Prosedur Penelitian ini meliputi Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Tes dan Dokumentasi. Untuk mengolah data melalui analisis data observasi guru dan siswa serta analisis kemampuan siswa membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I dikategorikan (cukup) yaitu dengan nilai 63,26 dan pada siklus II meningkat menjadi (baik sekali) dengan nilai 89,79. (2) Adapun aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan (cukup) yaitu dengan nilai 65,83 dan pada siklus II meningkat menjadi (baik) dengan nilai 76,96. (3) Hasil ketuntasan belajar siswa dalam membaca Al-Qur’an mengalami peningkatan dengan menggunakan metode Iqro’, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 54,55 dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 84,16.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur’an, Metode Iqro’, RA Ar-Ruum Taji Prambanan Klaten
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 15:34
Last Modified: 14 Jan 2022 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum