PENERAPAN MANAJEMEN MARKETING PENDIDIKAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

Alief Nur Hidayatulloh, NIM.: 17104080032 (2021) PENERAPAN MANAJEMEN MARKETING PENDIDIKAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MANAJEMEN MARKETING PENDIDIKAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
17104080032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MANAJEMEN MARKETING PENDIDIKAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
17104080032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang : (1) bagaimana perencanaan penerapan manajemen marketing pendidikan dalam penerimaan peserta didik baru di SD Muhammadiyah Karangharjo, (2) bagaimana penerapan manajemen marketing pendidikan dalam penerimaan peserta didik baru di SD Muhammadiyah Karangharjo, (3) apa saja faktor pendukung dan juga faktor penghambat dala penerapan manajemen marketing pendidikan dalam penerimaan peserta didik baru di SD Muhammadiyah Karangharjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (field reseaerch) yaitu penelitan yang langsung terjun di lapangan untuk mendapatkan informasi dan data sebanyak-banyaknya berkaitan dengan latar permasalahan penelitian. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan koordinator bidang penerimaan peserta didik baru di SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan dalam manajemen pemasaran jasa pendidikan mempunyai beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan juga tahap evaluasi. Proses implementasi dari manajemen marketing dalam penerimaan peserta didik baru di SD Muhammadiyah Karangharjo yaitu dengan melakukan pemasaran dengan cara melalui promosi yang variatif, dengan menggunakan media cetak, media sosial, dan media offline (kegiatan sekolah). Faktor pendukung dalam penerapan manajemen marketing pendidikan dalam penerimaan peserta didik baru ini adalah support sistem yang didukung penuh oleh penyelenggara sekolah dan adanya kepercayaan wali murid yang tergabung di paguyuban orang tua (POT). Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah tidak semua orang tua memahami kondisi yang ada ataupun belum siap dengan kondisi yang ada, dengan sistem online, dengan pembelajaran yang dilakukan orang tua sendiri. Mereka menganggap peran sekolah tidak maksimal. Ini merupakan faktor utama penghambat utama dalam penerimaan peserta didik baru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Marketing, Jasa Pendidikan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 14:14
Last Modified: 17 Jan 2022 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum