KAJIAN PENAMBAHAN KITOSAN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN BIODEGRADABILITAS BIOPLASTIK PATI UMBI GANYONG (Canna edulis Kerr) DENGAN PLASTICIZER SORBITOL

Rizal Wahyudin, NIM. 15630017 (2021) KAJIAN PENAMBAHAN KITOSAN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN BIODEGRADABILITAS BIOPLASTIK PATI UMBI GANYONG (Canna edulis Kerr) DENGAN PLASTICIZER SORBITOL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN PENAMBAHAN KITOSAN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN BIODEGRADABILITAS BIOPLASTIK PATI UMBI GANYONG (Canna edulis Kerr) DENGAN PLASTICIZER SORBITOL)
15630017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN PENAMBAHAN KITOSAN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN BIODEGRADABILITAS BIOPLASTIK PATI UMBI GANYONG (Canna edulis Kerr) DENGAN PLASTICIZER SORBITOL)
15630017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan plastik dari minyak bumi membawa dampak yang buruk pada lingkungan karena sifatnya yang sulit terurai oleh mikroba tanah sehingga diperlukan plastik yang mudah terurai. Sinteisis bioplastik dengan menggunakan bahan dasar pati umbi ganyong dengan plasticizer sorbitol dan penambahan variasi kitosan telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh penambahan kitosan terhadap sifat mekanik dan biodegrabilitas bioplastik pada media tanah. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan kerja yaitu, ekstraksi pati dari umbi ganyong, sintesis pembuatan bioplastik menggunakan metode blending, pengujian sifat mekanik berupa ketebalan, kuat tarik, elongasi, dan modulus young. Pengujian katarakteristik gugus fungsi telah dilakukan menggunakan FTIR dan pengujian biodegrabilitas bioplastik dilakukan pada media tanah selama 14 hari dengan melihat susut massa dari bioplastik. Variasi penambahan kitosan yang digunakan adalah 0; 0,5;1; 1,5 dan 2 gram. Nilai ketebalan, kuat tarik dan modulus young terbesar dimiliki oleh variasi 2 gram kitosan yaitu masing-masing 0,25 mm, 11,0924 MPa dan 82,02 MPa.Variasi 0,5 gram kitosan menghasilkan nilai elongasi terbesar yaitu 41,57%. Sedangkan nilai transmisi uap air terbesar (WVTR) dimiliki variasi kitosan 1 gram yaitu 9,57 g/m2 jam. Hasil pengujian biodegradasi bioplastik pada media tanah selama 14 hari menunjukkan bahwa bioplastik yang dibuat bersifat biodegradable. Penurunan massa bioplastik pada media tanah untuk variasi kitosan 0 gram adalah 100%. Penelitian ini diharapakan bisa menjadi referensi sintesis bioplastik berbahan dasar pati ganyong, kitosan dan plasticizer sorbitol sehingga bisa mengurangi penggunaan plastik berbahan minyak bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Bioplastik, pati umbi ganyong, kitosan, sifat mekanik, biodegradasi.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Jan 2022 14:13
Last Modified: 17 Jan 2022 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum