ETIKA PROFETIK DAN AKULTURASI PSIKOLOGIS DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI: STUDI PEMUKA AGAMA DI KECAMATAN MEDAN TIMUR

Silva Ardiyanti S.Pd, NIM.: 19200010024 (2021) ETIKA PROFETIK DAN AKULTURASI PSIKOLOGIS DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI: STUDI PEMUKA AGAMA DI KECAMATAN MEDAN TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA PROFETIK DAN AKULTURASI PSIKOLOGIS DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI: STUDI PEMUKA AGAMA DI KECAMATAN MEDAN TIMUR)
19200010024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ETIKA PROFETIK DAN AKULTURASI PSIKOLOGIS DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI: STUDI PEMUKA AGAMA DI KECAMATAN MEDAN TIMUR)
19200010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang pembentukan sikap toleransi di masyarakat Kecamatan Medan Timur yang diciptakan oleh para pemuka agama melalui aktivitas sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Penelitian ini berfokus pada pembentukan toleransi beragama berdasarkan etika profetik dan akulturasi psikologis yang dimiliki oleh para pemuka agama. Kajian sebelumnya di Medan lebih mengedepankan peran dan tugas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menciptakan keharmonisan beragama. Tulisan ini memberikan kontribusi pada pembahasan toleransi beragama yang berimplikasi pada kajian psikologi, pendidikan, budaya dan agama. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus yang dilakukan selama lebih dari tiga bulan (Januari-April 2021). Data diperoleh dengan mewawancarai para pemuka agama Islam, Katolik, Protestan, Buddha, Hindu, Ketua FKUB, Ketua Kasih Kesejahteraan Sosial Kecamatan Medan Timur, dan dua orang warga Kecamatan Medan Timur. Selain itu, teknik observasi dilakukan untuk melihat perubahan perilaku masyarakat Kecamatan Medan Timur melalui aktivitas sosial, budaya dan keagamaan. Sedangkan peneliti memperoleh data dokumentasi pada saat wawancara dan observasi serta pada saat penyusunan penulisan yang diambil dari sumber jurnal dan buku. Dengan menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens, tesis ini berpendapat bahwa pemuka agama adalah agen dalam kegiatan sosial dan keagamaan yang secara terus-menurus menggunakan sumber daya mereka dalam memengaruhi struktur di mana mereka menjalankan aksinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku para pemuka agama dalam menciptakan perubahan dan menumbuhkan sikap toleransi beragama di Kecamatan Medan Timur memiliki acuan etika profetik dan kebudayaan yang berbeda dalam memengaruhi umatnya. Dalam membangun sikap toleransi beragama, para pemuka agama ini melakukan aktivitas sosial, kemanusiaan dan keagamaan yang berulang berdasarkan norma sosial, budaya dan kitab suci yang disepakati bersama. Ketiga aktivitas tersebut menunjukkan adanya etika profetik dalam menumbuhkan sikap toleransi yang dilakukan oleh para pemuka agama, yaitu dengan memanusiakan manusia (humanisme), meningkatkan kesejahteraan umat dengan memberikan hak-hanya (liberasi) dan mengantarkan umat pada kesadaran akan adanya Tuhan dalam segala tindakan (transendensi). Dengan danya perbedaan abudaya, akulturasi pemuka agama diperlukan sebagai asimilasi dan integrasi budaya dan agama sehingga tercipta sikap toleransi beragama pada masyarakat Kecamatan Medan Timur. Lebih lanjut, para pemuka agama sebagai agen dan struktur mampu menciptakan inovasi baru dalam menumbukan toleransi beragama. Inovasi tersebut terlihat dalam aktivitas seperti menonton film bersama, tradisi merayakan hari raya bersama, kombinasi adat dalam pernikahan, kegiatan gotong royong dan pembagian sembako.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, S.S., M.A
Uncontrolled Keywords: Etika Profetik, Akulturasi Psikologis, Toleransi, Pemuka Agama, Forum Kerukunan Umat Beragama
Subjects: Etika Kerja Islami
Toleransi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2022 15:21
Last Modified: 24 Jan 2022 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum