Qonita Salma, NIM.: 21104080029 (2025) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BILINGUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS FASE A KELAS II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BILINGUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS FASE A KELAS II)
21104080029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BILINGUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS FASE A KELAS II)
21104080029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Inggris pada kelas II sekolah dasar di MIN 1 Bantul memerlukan sumber belajar yang konkret, kontekstual dan menarik. Pembelajaran Bahasa Inggris masih bergantung pada buku paket Bahasa Inggris. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dikembangkanlah sumber belajar berupa buku cerita bergambar bilingual yang dilengkapi dengan QR Code yang dapat dipindai untuk mendengarkan audio storytelling. Penggunaan buku cerita bergambar ini diharapkan dapat dapat melengkapi kekurangan yang terdapat pada buku paket Bahasa Inggris. Selain itu dapat meningkatkan fokus dan antusias peserta didik pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yang meliputi tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate (dilaksanakan sampai tahap disseminate terbatas). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yaitu peserta didik kelas II MIN 1 Bantul. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan 1) Telah dikembangkan sumber belajar buku cerita bergambar bilingual yang dilengkapi dengan QR Code yang dapat dipindai untuk mendengarkan audio storytelling 2) Hasil penilaian dari validator yaitu pada ahli materi memproleh skor 100% yang tergolong sangat baik, dari ahli bahasa memperoleh persentase skor 97% yang tergolong sangat baik, dan dari ahli media memperoleh persentase skor 92% yang tergolong sangat baik dan penilaian guru kelas yang memperoleh persentase skor 100% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Respon peserta didik menunjukkan tanggapan positif dengan persentase jawaban “Ya” adalah 96%.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Izzatin Kamala, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Buku cerita bergambar, bilingual, sumber belajar, |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya edt |
| Date Deposited: | 08 Feb 2022 11:53 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 09:47 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48915 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
