TEORI MUNASABAH (Studi Buku Textual Relation in the Qur`an: Relevance, Coherence and Structure Karya Salwa M. S. El-Awa)

Maslahatul Ummah, NIM. 15531020 (2019) TEORI MUNASABAH (Studi Buku Textual Relation in the Qur`an: Relevance, Coherence and Structure Karya Salwa M. S. El-Awa). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEORI MUNASABAH (Studi Buku Textual Relation in the Qur`an: Relevance, Coherence and Structure Karya Salwa M. S. El-Awa))
15531020_BAB-I_V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Other (TEORI MUNASABAH (Studi Buku Textual Relation in the Qur`an: Relevance, Coherence and Structure Karya Salwa M. S. El-Awa))
15531020_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kajian kesatuan Al-Qur`an yang merupakan perkembangan dari kajian munasabah semakin berkembang. Terbukti dengan banyaknya pemikir Islam yang menuangkan gagasan pemikiran ke dalam karya-karya mereka. Namun, dari banyaknya gagasan yang ada, masih belum ditetapkan basis dasar dalam menentukan kesatuan tema Al-Qur`an karena masing-masing pemikir menggunakan cara yang berbeda. Salah satu pemikir kemudian menawarkan pendekatan yang dapat menjadi basis dasar menentukan kesatuan tema Al-Qur`an, yaitu Salwa M. S.El-Awa. Salwa menggunakan pendekatan teori Pragmatik dengan teori Relevansi-Koherensi dalam menentukan kesatuan tema Al-Qur`an. Menurut Salwa, teks Al-Qur`an tidak dapat hanya dilihat melalui tekstualitasnya tanpa memperhatikan aspek pragmatik dari teks tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode deskriptif-analitis. Metode dekskriptif digunakan untuk menjelaskan aspek kesejarahan dari kesatuan tema Al-Quran dan metode yang dipakai oleh Salwa dalam menerapkan teorinya. Sedangkan metode analitis digunakan untuk menganalisa bagaimana penerapan teori Salwa dan menentukan kriteria-kriteria yang digunakan dalam menentukan pembagian section dan paragraph dalam aplikasi teori Salwa M.S. El-Awa terhadap surat Al-Ahzab dan Surat Al- Qiyamah. Hasil Penelitian ini adalah bahwa teori Salwa M.S El-Awa merupakan sebuah teori baru dimana menawarkan penerapan pendekatan linguistiik umumnya digunakan dalam karya sastra. Metode yang ditawarkan Salwa ini berfokus pada perubahan kata ganti, baik kata ganti orang pertama, kata ganti orang kedua, maupun kata ganti orang ketiga, penggunaan kata seru/panggilan seperti yaa ayyuhaa. Salwa juga fokus pada penggunaan kata penghubung seperti waw, inna dan fa. Dalam menerapkan teorinya, Salwa tidak melupakan konteks sosial-historis yang melingkupi ayat-ayat dan menggunakannya dalam menentukan kesatuan tema yang ada dalam Al-Qur`an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. phil. Sahiron Syamsuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Munasabah, Kesatuan Al-Qur`an, Pragmatik, Salwa M. S El-Awa
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Feb 2022 08:52
Last Modified: 03 Feb 2022 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum