PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM AMALIAH WAQI’AHAN DI DUSUN NGOTO, DESA BANGUNHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA (Studi Living Qur’an)

Muhammad Nashiful Ula, NIM. 12530020 (2019) PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM AMALIAH WAQI’AHAN DI DUSUN NGOTO, DESA BANGUNHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA (Studi Living Qur’an). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM AMALIAH WAQI’AHAN DI DUSUN NGOTO, DESA BANGUNHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA (Studi Living Qur’an))
12530020_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM AMALIAH WAQI’AHAN DI DUSUN NGOTO, DESA BANGUNHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA (Studi Living Qur’an))
12530020_BAB_II_sampai_SEBELUM-BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Living Qur’an yaitu Praktik sosial keagamaan tentang Pembacaan ayat-ayat al-Qur‟an alam Amaliah Waqi’ahan Di Dusun Ngoto, Desa Bangunharjo, Sewon, Bantul. Amaliah Waqi’ahan merupakan amalan yang di dalamnya berisikan bacaan-bacaan ayat-ayat al-Qur‟an seperti surat al-Fātiḥah, al-Qadr, al-Wāqi’ah dan juga potongan satu ayat surat ali-Imran ayat 173 serta bacaaan ṣalawat dan o‟a. Amaliah Waqi’ahan di Dusun ngoto ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali yaitu hari Senin (malam Selasa) pada pukul 20.00 wib sampai 21.30 wib yang dilaksanakan di kediaman Ustadz Bramm Aji Putra. Dalam penelitian ini, secara umum meneliti tentang bagaimana praktik pembacaan ayat-ayat al-Qur‟an an bagaimana pemaknaan masyarakat terhadap praktik pembacaan tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian field research yang menggunakan metode deskriptif-analitik kualitatif dengan pendekatan psikologis. Penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi partisipan dan non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim berupa makna objektif, ekspresif dan dokumenter. Secara garis besar pembacaan ayat-ayat al-Qur‟an alam Amaliah Waqi’ahan ini diawali ijazah dari guru Ustadz Bramm Aji Putra yaitu Kiai muhamma Sya‟ an an kemu ian berkembang i masyarakat Ngoto. Amaliah Waqi’ahan ini bertujuan agar mendapatkan fadilah ataupun manfaat dari setiap ayat-ayat al-Qur‟an maupun surat-surat tertentu yang dianggap mempunyai sirri dan masyhur di kalangan masyarakat umum. xvii Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah pertama, pembacaan ayat-ayat al-Qur‟an alam Amaliah Waqi’ahan di Dusun Ngoto, Desa Bangunharjo, Sewon, Bantul merupakan praktik sosial keagamaan yang berkembang di masyarakat yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali yaitu hari Senin (malam Selasa) pukul 20.00-21.30 WIB. Kedua, mengenai makna objektif dari pelaku adalah menjadikan amalan rutin di waktu tertentu (malam selasa) oleh masyarakat Ngoto dan sekitarnya. Ketiga, makna ekspresif (motif) personal adalah beragam, yaitu sebagai bentuk ta’dhim kepada guru, pembelajaran, pembentukan kepribadian serta fadhilah ataupun keutamaan dari bacaan ayat-ayat al-Qur‟an tersebut. Sedangkan yang terakhir, makna dokumenter adalah bahwa praktik pembacaan ayat-ayat al-Qur‟an alam Amaliah Waqi’ahan tersebut merupakan suatu bentuk kebudayaan yang menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Suryadi, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Amaliah, Waqi’ahan, Ayat-ayat al-Qur’an.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Feb 2022 12:03
Last Modified: 09 Feb 2022 12:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum