IMPLEMENTASI MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MOGA PEMALANG

Rokhatin, NIM. 17104020028 (2021) IMPLEMENTASI MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MOGA PEMALANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MOGA PEMALANG)
17104020028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MOGA PEMALANG)
17104020028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai kosakata Bahasa Arab dan kurangnya variasi guru dalam memandu jalannya proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkannya inovasi baru yang ditujukan untuk membantu proses pembelajaran Bahasa Arab. Media teka-teki silang merupakan salah satu inovasi yang difokuskan untuk membantu mengatasi problematika tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kosakata Bahasa Arab menggunakan media teka-teki silang pada kelas VII MTs Nurul Huda Moga Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang berasal dari kepala sekolah, guru Bahasa Arab, dan beberapa siswa kelas VII MTs Nurul Huda Moga Pemalang. Adapun sumber data sekunder yang berasal dari skripsi, jurnal ilmiah, artikel, website, dan buku-buku terkait. Teknik pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data kuantitatif hasil tes digunakan untuk menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa berupa angka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media teka-teki silang sebagai salah satu sarana pembantu proses pembelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Nurul Huda Moga Pemalang dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 67,3, pada post test pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 75,5, kemudian pada post test pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 86,5. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi media teka-teki silang dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Nurul Huda Moga Pemalang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Teka-teki Silang, Pembelajaran Bahasa Arab, Penguasaan Kosakata Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2022 13:59
Last Modified: 17 Feb 2022 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum