EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MA MA’HADUT THOLABAH BABAKAN LEBAKSIU TEGAL TAHUN 2020/2021)

Arona Faridloh, NIM. 17104020073 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MA MA’HADUT THOLABAH BABAKAN LEBAKSIU TEGAL TAHUN 2020/2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MA MA’HADUT THOLABAH BABAKAN LEBAKSIU TEGAL TAHUN 2020/2021) SKRIPSI)
17104020073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MA MA’HADUT THOLABAH BABAKAN LEBAKSIU TEGAL TAHUN 2020/2021) SKRIPSI)
17104020073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Arab dan keefektifan pembelajaran bahasa Arab, apakah pembelajaran Daring mata pelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di MA Ma‟hadut Tholabah dapat dikatakan efektif atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus, di mana peneliti memaparkan dan menggambarkan fenomena-fenomena dan keadaan yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Ma‟hadut Tholabah. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengambilan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Arab di MA Ma‟hadut Tholabah menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google form untuk pembagian materi, pembagian tugas dan pelaksanaan UHB (Ulangan Harian Bersama). 2) Pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Arab di MA Ma‟hadut Tholabah jika dilihat dari hasil belajar dikategorikan kurang efektif, karena a) Pada hasil belajar aspek kognitif, nilai rata-rata mata pelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XI IPS-2 pada pembelajaran Daring semester genap sebesar 77, jika dibandingkan dengan hasil belajar kelas X IPS 2 semester ganjil sebelum diadakannya pembelajaran Daring sebesar 79. Maka perolehan hasil belajar siswa pada kelas XI mengalami penurunan. b) Pada hasil belajar aspek afektif, siswa lebih dominan tidak mengikuti dan tidak memperhatikan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Arab. c) Pada hasil belajar aspek psikomotorik, masih banyak siswa yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru mengenai keterampilan penghafalan mufrodat, keterampilan qira’ah, kitabah dan tarjamah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Abdul Munip, S.Ag.,M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2022 14:05
Last Modified: 17 Feb 2022 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49359

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum