PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN BUKU METODE 33 BERBASIS TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 ULA MADRASAH DINIYAH AL-IMDAD PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021

Muhammad Jazilunnawal, NIM. 17104020077 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN BUKU METODE 33 BERBASIS TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 ULA MADRASAH DINIYAH AL-IMDAD PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN BUKU METODE 33 BERBASIS TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 ULA MADRASAH DINIYAH AL-IMDAD PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN BUKU METODE 33 BERBASIS TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 ULA MADRASAH DINIYAH AL-IMDAD PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Jazilunnawal, Pengaruh Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Buku Metode 33 Berbasis Teks Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 1 Ula Madrasah Diniyah Al-Imdad Pajangan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022. Penelitian ini di latar belakangi kurangnya daya tarik siswa dalam mempelajari kitab kuning, terutama yang tidak menggunakan harokat. Karena itu, diperlukan adanya inovasi bagi guru khususnya yang mengajar buku metode 33 berbasis teks ini agar tidak membosankan, sehingga dalam proses pembelajaran bisa lebih menyenangkan. Maka dalam penelitian ini peneliti membuat inovasi dengan media power point, peneliti berharap dengan adanya inovasi ini bisa meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa khususnya kelas 1 Ula Madrasah Diniyah Al-Imdad. Peneliti menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test control group design. Peneliti melakukan penelitian ini di Madrasah Diniyah Al-Imdad Pajangan Bantul Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Peneliti menggunakan kelas 1 Ula A sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan pembelajaran menggunakan media Power Point. Sedangkan kelas 1 Ula B sebagai kelas control yang akan menggunakan pembelajaran klasikal. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan melalui uji Independent Sample T Test dikelas control dan kelas ekperimen, didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Oleh sebab itu sebagaimana nilai dasar pengambilan uji Independent Sample T Test dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan media power point dalam pembelajaran buku metode 33 berbasis teks dengan pembelajaran buku metode 33 berbasis teks yang menggunakan metode klasikal. Karena terdapat perbedaan yang signifikan maka hipotesis penelitian dapat terjawab “adanya pengaruh positif penggunaan media power point xvii dalam pembelajaran buku metode 33 berbasis teks terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas 1 Ula Madrasah Diniyah Al-Imdad Pajangan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Buku Metode 33 Berbasis Teks, Pengaruh, Hasil Belajar, Bahasa Arab, Al-Imdad.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2022 14:20
Last Modified: 17 Feb 2022 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49360

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum