PENGEMBANGAN MEDIA PENGEMBANGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI HIDROKARBON KIMIA SMA/ MA KELAS XI,

ubaila Azmi, NIM. 17106070042 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PENGEMBANGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI HIDROKARBON KIMIA SMA/ MA KELAS XI,. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI HIDROKARBON KIMIA SMA/MA KELAS XI)
17106070042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI HIDROKARBON KIMIA SMA/MA KELAS XI)
17106070042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ilmu kimia banyak memberikan manfaat dalam kehidupan manusia, tetapi banyak fakta yang menunjukan bahwa ilmu kimia sulit dan tidak menarik untuk dipelajari. Materi kimia yang sering ditemukan di kehiduan sehari-hari adalah hidrokarbon. Materi hidrokarbon dianggap sulit karena materinya yang abstrak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pengembangan berbasis augmented reality pada materi hidrokarbon khusunya bentuk molekul seyawa hidrokarbon. Materi senyawa hidrokarbon memuat materi senyawa yang terdiri atas unsur atom Carbon (C) dan hydrogen (H) dimana memiliki rantai karbon (C) dan atom-atom hidrogen (H) yang saling berkaitan. Penilitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan modul pengembangan ADDIE menurut Thiagrajan. Penelitian ini terdiri dari 5 tahap yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluasi. Namun, penelitian ini hanya dibatasi hinggap tahap development (pengembangan). Produk yang telah dibuat ditinjau oleh dosen pembimbing dan tiga peer rivewer. Sedangkan kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media dan empat reviewer (guru kimia) serta direspon oleh sepuluh peserta didik kelas XI MIPA SMA/MA di Yogyakarta. Kualitas produk dinilaikan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik menggunakan lembar angket skala Guttman. Media yang dikembangkan berupa media cetak (modul) dan aplikasi ARhid (aplikasi augmented reality). Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 92,72% (Sangat Baik), penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 95,00% (Sangat Baik), penilaian kualitas produk oleh reviewer mendapatkan persentase 91,73% (Sangat Baik), dan penilaian respon peserta didik mendapatlan persentase 98,00% (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Augmented Reality¸ Senyawa Hidrokarbon
Subjects: Pendidikan Kimia
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Feb 2022 13:29
Last Modified: 21 Feb 2022 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum