EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA KOLOMBO SLEMAN, YOGYAKARTA

Alya Nur Aeni, NIM. 17106070046 (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA KOLOMBO SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA KOLOMBO SLEMAN, YOGYAKARTA)
17106070046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA KOLOMBO SLEMAN, YOGYAKARTA)
17106070046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada pembelajaran kimia di SMA Kolombo Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara dan lembar angket. Penelitian ini dilakukan di SMA Kolombo Sleman pada tahun ajaran 2021/2022 terhadap sejumlah responden yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum yang merangkap koordinator PJJ, pendidik kimia, dan peserta didik. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada seluruh responden, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui angket yang ditujukan kepada seluruh peserta didik jurusan MIPA. Analisis data kualitatif dilakukan dengan reduksi dan penyajian data, sementara data kuantitatif diolah menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Kolombo Sleman: (1) menyediakan infrastruktur digital serta mengupayakan agar pelaksanaan pembelajaran kimia sejalan dengan kurikulum (evaluasi konteks), (2) menyediakan fasilitas jaringan internet, mengevaluasi pelaksanaan PJJ secara rutin, serta menyelenggarakan pembelajaran kimia yang insklusif (evaluasi masukan), (3) memastikan kelengkapan perangkat pembelajaran (evaluasi proses), dan (4) melakukan penilaian pembelajaran kimia yang mencakup tiga aspek penilaian (evaluasi hasil). Kendala yang dijumpai selama implementasi PJJ yakni keterbatasan internet dan sarana belajar, penyampaian materi dan penilaian yang tidak maksimal, serta motivasi belajar peserta didik yang rendah. Disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada pembelajaran kimia di SMA Kolombo Sleman, Yogyakarta dinyatakan layak dengan perbaikan pada pengelolaan internet, pelaksanaan praktikum, serta penilaian afektif pada pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran jarak jauh, evaluasi CIPP, pembelajaran kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 10:29
Last Modified: 22 Feb 2022 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum