FRAMING PEMBERITAAN RANCANGAN UNDANG-UNDANG PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL (Analisis Konten pada Media Online Suara.com dan Hidayatullah.com)

Eko Wahyudi, NIM.: 18102010064 (2022) FRAMING PEMBERITAAN RANCANGAN UNDANG-UNDANG PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL (Analisis Konten pada Media Online Suara.com dan Hidayatullah.com). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FRAMING PEMBERITAAN RANCANGAN UNDANG-UNDANG PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL (Analisis Konten pada Media Online Suara.com dan Hidayatullah.com))
18102010064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FRAMING PEMBERITAAN RANCANGAN UNDANG-UNDANG PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL (Analisis Konten pada Media Online Suara.com dan Hidayatullah.com))
18102010064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perbincangan pro dan kontra terhadap Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU-PKS) media online. Dengan peneliti juga menyadari bahwa setiap media mempunyai ideologinya tersendiri, maka penelitian ini mencari tahu bagaimana framing yang diberikan oleh media-media online. Pada penelitian ini, terdapat temuan yang menjadi hal komparatif di antara media online Suara.com dan Hidayatullah.com. Didapati bahwa Suara.com berpihak kepada pengesahan RUU-PKS. Sementara Hidayatullah.com berada pada pihak kontra terhadap pengesahan RUU tersebut. Hasil penelitian juga menunjukan bagaimana cara kedua media tersebut membentuk framing, mulai dari pemberian judul, penekanan fakta, dan sebagainya. Namun, yang peneliti sayangkan pada kedua media tersebut ialah, mengedepan kecepatan memberikan informasi dan mengutamakan ideologi media, kedua media ini sangat terlihat jelas memberikan keberpihakan pada pro dan kontra. Oleh karena itu, hasil penelitian ini mengungkap bagaimana keberpihak dari kedua media tersebut sekaligus bagaimana berita-berita yang dimuat di media online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Seiren Ikhtiara, M.A.
Uncontrolled Keywords: pers; isu RUU-PKS; media online; media Islam
Subjects: Penyiaran Islam
Islam dan Negara
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2022 15:10
Last Modified: 22 Feb 2022 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49585

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum