PENGEMBANGAN MODUL SKI BERBASIS ENSIKLOPEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN KEAGAMAAN MA AL MA’HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA

Alfi Sahroh, NIM: 19204010022 (2021) PENGEMBANGAN MODUL SKI BERBASIS ENSIKLOPEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN KEAGAMAAN MA AL MA’HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL SKI BERBASIS ENSIKLOPEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN KEAGAMAAN MA AL MA’HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA)
19204010022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL SKI BERBASIS ENSIKLOPEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN KEAGAMAAN MA AL MA’HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA)
19204010022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas belajar berupa buku cetak SKI di Madrasah, menyebabkan pemahaman siswa MA Al Ma’had An-Nur Bantul sebagai mata pelajaran SKI belum mencapai muatan pengetahuan secara komplek. Sumber literatur yang digunakan menyebabkan minat dan minimnya ketertarikan belajar sejarah siswa menjadi kurang karena eksplorasi nilai sejarah belum berkembang dan beragam. Padahal sejarah sangat penting bagi para siswa di madrasah, karena kejadian dimasa lalu akan selalu bersinggungan dengan aspek kehidupan dimasa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis Ensiklopedia pada mata pelajaran SKI kelas XI jurusan keagamaan yang lebih berkesan, menarik dan efektif sebagai sumber belajar, sarana penunjang dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner dan tes. Subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas XI jurusan Keagamaan Madrasah Aliyah Al Ma’had An-Nur Bantul. Analisis data menggunakan Aplikasi SPSS Windows versi 22.0, data disajikan berupa angka kemudian dianalisis secara deskriptif. Penelitian menunjukkan analisis kebutuhan penunjang sumber belajar SKI yang lebih menarik untuk mengatasi permasalahan minat belajar sejarah siswa serta media untuk siswa lebih mudah memahami materi SKI. Hasil dari pengembangan modul berupa Ensiklopedia Sejarah Perkembangan Islam Masa Klasik telah di uji kelayakan oleh tim ahli materi SKI dan Ahli Desain pembelajaran. Berdasar data ditemukan bahwa pengembangan modul berbasis Ensiklopedia dikatakan efektif dan layak secara kuantitas dan kualitas berdasarkan perhitungan analisis data. Dengan perolehan Skor rata-rata penilaian validator Ahli Materi SKI dan guru SKI 64 dengan kriteria Sangat Baik. Skor rata-rata penilaian Ahli Media Pembelajara 69 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian kemandirian belajar dan hasil belajar diperoleh dari pretest dan posttest. Keefektifan buku Ensiklopedia Sejarah Perkembangan Islam Masa Klasik dalam meningkatkan hasil belajar diuji menggunakan uji F. Berdasarkan uji yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau nilai sig. < 0,05, maka H0 ditolak, sehingga dengan menggunakan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan buku Ensiklopedia Sejarah Perkembangan Islam Masa Klasik pada hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Saidah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Ensiklopedia, Sejarah Kebudayaan Islam, Sumber Belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2022 13:17
Last Modified: 23 Feb 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum