VARIASI METODE PEMBELAJARAN SKI DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA MA JAMILURRAHMAN YOGYAKARTA

Nurlatifah Fitriyani, NIM: 19204010093 (2021) VARIASI METODE PEMBELAJARAN SKI DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA MA JAMILURRAHMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (VARIASI METODE PEMBELAJARAN SKI DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA MA JAMILURRAHMAN YOGYAKARTA)
19204010093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (VARIASI METODE PEMBELAJARAN SKI DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA MA JAMILURRAHMAN YOGYAKARTA)
19204010093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari konsepsi penggunaan metode pembelajaran modern yang cenderung instan, siswa cepat memahami pelajaran namun cepat juga lupa yang dapat mempengaruhi perkebangan intelektualnya. Dengan demikian, guru dituntut agar lebih berkreaktifitas dalam mengembangkan metode, terlebih pada pembelajaran SKI yang lingkupnya luas. Sebagaimana penggunaan metode oleh guru MA Jamilurrahman pada mapel SKI, meski pembelajaran berbasis arab namun dapat mudah dipahami siswa. Maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk penerapan variasi metode pembelajaran SKI, implikasinya, serta keterkaitannya dalam upaya meningkatkan daya ingat dan kecerdasan intelektual siswa di MA Jamilurrahman. Penelitian ini dilakukan di MA Jamilurrahman, dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang dituju untuk memperoleh data adalah kepala sekolah, guru SKI, siswa, dan staff administrasi. Setelah data terkumpul, maka dianalisis dengan analisis data kualitatif. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data, dengan teknik triangulasi yaitu; membandingkan data pengamatan dengan hasil wawancara, kemudian membandingkan hasil data tersebut dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) bentuk penerapan variasi metode pembelajaran SKI dalam meningkatkan daya ingat dan kecerdasan intelektual siswa MA Jamilurrahman adalah dengan metode hafalan mufrodat, muhadasah, dan penggunaan alat praga (media) pembelajaran. Metode tersebut untuk mendukung kurikulum yang diterapkan yaitu perpaduan kemenag berbasis Timur Tengah, sehingga siswa terlatih agar cakap berbahasa arab. Sedangkan bahan ajar pokok SKI yang digunakan adalah kitab Tarikh Islam dan Khulashoh Nurul Yaqin; (2) implikasinya adalah: dengan hafalan mufrodat siswa menjadi terlatih mengembangkan daya ingatnya, dengan muhadasah siswa lebih aktif untuk melatih kecerdasan intelektualnya, dan dengan alat praga (media) pembelajaran siswa dapat rileks dan menyenangkan dalam belajar; (2) keterkaitan penerapan variasi metode dengan daya ingat dan kecerdasan intelektual siswa, yaitu dengan kreativitas guru dalam menggunakan variasi metode pelajaran, dapat membiasakan siswa untuk terlatih menghafal/ mengingat pelajaran, selanjutnya untuk memahami hafalannya siswa dapat berlatih menggunakan kecerdasan intelektualnya dalam berfikir kritis. Terlebih dengan program unggulan hafalan Al-Qur’anَ diَ MAَ Jamilurrahman,َ menjadikanَ siswaَ terlatih/َ terbiasaَ menghafalَ berbahasa arab, untuk mempermudah siswa dalam menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Variasi Metode, SKI, Daya Ingat, Kecerdasan Intelektual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2022 16:01
Last Modified: 23 Feb 2022 16:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum