EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ISTIMĀ’ DENGAN BUKU SYĀHID WA TA’ALLAM JILID 9 BAGI MAHASISWA BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Hurin’in, NIM . 19204020036 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ISTIMĀ’ DENGAN BUKU SYĀHID WA TA’ALLAM JILID 9 BAGI MAHASISWA BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ISTIMĀ’ DENGAN BUKU SYĀHID WA TA’ALLAM JILID 9 BAGI MAHASISWA BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SUNAN AMPEL SURABAYA)
19204020036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ISTIMĀ’ DENGAN BUKU SYĀHID WA TA’ALLAM JILID 9 BAGI MAHASISWA BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SUNAN AMPEL SURABAYA)
19204020036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Problematika pembelajaran istimā’ di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) masih menggunakan metode ceramah dengan pemanfaatan media google meet dan google class room untuk mengirim materi berupa buku pdf dan audio, mahasiswa diminta untuk mendengarkan, menulis, dan menerjemahkan materi, problematika tersebut mempengaruhi motivasi, minat belajar dan keaktifan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih efektif, inovatif dan kreatif bagi dosen maupun mahasiswa dalam efektivitas pembelajaran istimā’ dengan buku syāhid wa ta’allam jilid 9 untuk meningkatkan kemampuan membedakan huruf, mengenal kata, dan mempraktekkan pelafalannya. Buku ini layak digunakan dan diuji untuk mengetahui efektivitas hasil pembelajaran dalam kuliah mahārah istimā’ fusha mu’asirah bagi mahasiswa semester 3 jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UINSA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Quasi Eksperimental Designs yang terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Objek uji coba dalam penelitian ini ialah mahasiswa semester 3 kelas BSA A dan BSA C sebagai kelas eksperimen dan kelas BSA D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” paired sample t-test dengan bantuan SPSS 26.0. Adapun hasil hipotesis menggunakan uji t (paired sampel t-test) dengan pengolahan data SPSS 26.0, pada kelas kontrol dapat dilihat kolom sig. (2-tailed) diperoleh nilai signifikansi 0,005 (p < 0,05) dengan selisih 1,80 < 1,710. Sedangkan kelas eksperimen dapat dilihat kolom sig. (2-tailed) diperoleh nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dengan selisih 18.04 > 1,710. Dengan demikian, pada kelas kontrol Ho ditolak dan pada kelas eksperimen Ha diterima. Maka dapat disimpulkan penerapan buku syāhid wa ta’allam jilid 9 efektif terhadap hasil pembelajaran istimā’ bagi mahasiswa BSA UIN Sunan Ampel Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran istimā’, Buku syāhid wa ta’allam jilid 9
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 10:24
Last Modified: 01 Mar 2022 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum