EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) INTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC) MAN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT

Rima Majidah, NIM. 15490011 (2019) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) INTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC) MAN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) INTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC) MAN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT)
15490011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) INTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC) MAN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT)
_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh pendirian program pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Intensive Science Class (ISC) dimana merupakan program pembelajaran yang terbilang baru di MAN Darussalam Ciamis Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses, faktor pendukung dan penghambat dan juga hasil evaluasi program pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Intensive Science Class (ISC) di MAN Darussalam Ciamis Jawa Barat melalui model evaluasi countenance Stake. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif evaluatif dengan mengambil latar di MAN Darussalam Ciamis Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, waancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, analisis data, analisis kesesuaian (congruence) dan pertimbangan hasil. Pemeriksaan keabsahan data dengan 3 (tiga) cara yaitu triangulasi sumber, teknik dan waktu yang kemudian dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi evaluasi program pembelajaran sudah dilatarbelakangi dengan pendahuluan (antecedent) yang cukup jelas, karena ada pertimbangan pada visi, misi, dan tujuan, proses (transaction) yang sudah baik dan hasil (outcomes) yang cukup baik, karena ada pertimbangan pada hasil prestasi siswa. (2) Faktor penghambat dan pendukung program pembelajaran yaitu terdiri dari 5 (lima) faktor pendukung dan 2 (dua) faktor penghambat. (3) Hasil evaluasi program pembelajaran memiliki hasil pertimbangan yaitu tetap dilaksanakan dengan perbaikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Miftahus Sa’adah, S.Pd.I, M.Ed.,
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Intensive Science Class (ISC), Evaluasi Program, MAN (Madrasah Aliyah Negeri).
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2022 13:30
Last Modified: 08 Mar 2022 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum