PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK SPEECH DELAY DI KELOMPOK BERMAIN (KB) CERIA TIMOHO YOGYAKARTA

Galuh Arsita Sari, NIM. 15430063 (2019) PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK SPEECH DELAY DI KELOMPOK BERMAIN (KB) CERIA TIMOHO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK SPEECH DELAY DI KELOMPOK BERMAIN (KB) CERIA TIMOHO YOGYAKARTA)
15430063_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK SPEECH DELAY DI KELOMPOK BERMAIN (KB) CERIA TIMOHO YOGYAKARTA)
15430063_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

KB Ceria Timoho mempunyai guru-guru yang profesional dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak. Guru di KB Ceria Timoho selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan mutunya. Di KB Ceria Timoho terdapat tiga anak yang mengalami keterlambatan bicara dengan faktor penyebab yang berbeda-beda. Dalam menangani anak yang mengalami keterlambatan bicara guru memiliki cara yang berbeda-beda tergantung faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak speech delay di KB Ceria Timoho Yogyakarta. Subjek penelitian ini meliputi guru, anak didik, dan kepala sekolah KB Ceria Timoho Yogyakarta. Objek penelitian adalah perkembangan kemampuan berbicara anak speech delay di KB Ceria Timoho Yogyakarta. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profesionalisme guru dalam menangani anak speech delay di KB Ceria Timoho Yogyakarta melalui pelatihan deteksi dini tumbuh kembang anak, peningkatan sarana dan prasarana yang menunjang perkembangan bahasa anak, perawatan dan penambahan sarana prasarana yang dibutuhkan yang dapat mendukung perkembangan bahasa anak seperti permainan laptop musik, kumbang lagu, alat-alat untuk menonton film, buku cerita, boneka peraga untuk cerita, menghadirkan orang dari dinas pendidikan untuk informasi tentang kurikulum serta akreditasi dan peningkatan program pembelajaran dengan selalu melakukan inovasi. Langkah-langkah guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak “speech delay” di KB Ceria Timoho Yogyakarta yang paling utama yaitu dengan mengetahui penyebab anak terlambat bicara karena dengan mengetahui penyebabnya guru mudah untuk menanganinya, tidak mengikuti pola bicara anak yang salah, melibatkan anak berbicara pada setiap keadaan, guru selalu melakukan kontak mata saat berbicara dengan anak, penggunaan APE yang mendukung perbendaharaan bahasa anak, mengadakan parenting dengan menghadirkan dokter anak atau psikolog anak atau bisa juga konsultasi dengan guru kapanpun terutama saat pembagian raport anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rahmah, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru, anak, speech delay
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2022 12:49
Last Modified: 15 Mar 2022 12:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum