IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAM DI SEKOLAH ALAM KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA

Safariyatul Mahmudah, NIM. 15430108 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAM DI SEKOLAH ALAM KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAM DI SEKOLAH ALAM KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA)
15430108_SAFARIYATUL MAHMUDAH_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAM DI SEKOLAH ALAM KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA)
15430108_SAFARIYATUL MAHMUDAH_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis alam bagi anak usia dini di Sekolah Alam Kamulan School Yogyakarta meliputi pendidik, staff, siswa dan pengurus Sekolah Alam Kamulan School. Objek Penelitian ini adalah proses pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Alam di Sekolah Alam Kamulan School Yogyakarta. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis alam di kamulan school ditanamkan melalui pendekatan basis mullticulture, naturally dan thematic. Dengan kurikulum diknas dan kurikulum ciri khas multiple intelligence school. Proses pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran kelompok dan penunjang kegiatan. Pembelajaran kelompok dilaksanakan melalui tahapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Program penunjang kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui program unggulan basic tahfidz dan basic science and math. Implementasi pembelajaran yang dilakukan tidak terlepas dari faktor kekurangan dan kelebihan. Adapun faktor kekurangan meliputi suatu kegiatan belajar mengajar, diantaranya ketidaksesuaian ilmu yang diperoleh pendidik, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara mendadak, letak sekolah, pembayaran, tim asrama Putri Nuriya Pondok Wahid Hasyim, trouble maker, buku komunikasi combook, keterbatasan waktu penerapan pembelajaran ketika dirumah. Sedangkan kelebihan implementasi pembelajaran adalah media pembelajaran, sarana dan prasarana, team work, keberlangsungan KBM, kesadaran peserta didik, parenting dan anak didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M. M.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, anak usia dini, berbasis alam.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2022 13:37
Last Modified: 15 Mar 2022 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50031

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum