EFEKTIVITAS MEDIA SPINNER DALAM PEMBELAJARAN AMSILATI JILID 1 DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR GRINGSING BATANG

Luluk Ulin Nuhayati, NIM. 17104020037 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA SPINNER DALAM PEMBELAJARAN AMSILATI JILID 1 DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR GRINGSING BATANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA SPINNER DALAM PEMBELAJARAN AMSILATI JILID 1 DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR GRINGSING BATANG)
17104020037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA SPINNER DALAM PEMBELAJARAN AMSILATI JILID 1 DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR GRINGSING BATANG)
17104020037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Luluk Ulin Nuhyati, NIM. 17104020037. Efektivitas Media Spinner Dalam Pembelajaran Amsilati Jilid 1 Di Pondok Pesantren Al Munawwir Gringsing Batang. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran spinner dalam proses pembelajaran amsilati jilid 1 di Pondok Pesantren Al Munawwir Gringsing, (2) Mengetahui efektivitas media pembelajaran spinner dalam proses pembelajaran amsilati jilid 1 terhadap santri di Pondok Pesantren Al Munawwir Gringsing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian true eksperimental design dengan model two group pre-test and post-test design. Pada penelitian ini, akan ada dua analisis yang akan dilakukan. Analisis yang pertama adalah menguji perbedaan hasil belajar awal siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis yang kedua adalah menggunakan teknik statistik. Dimana teknik statistik ini digunakan untuk menguji hipotesis tersebut yaitu teknik t-test untuk dua sampel related. Subjek penelitian ini yaitu santri jilid amsilati kelas 1A dan 1D yang berjumlah masing-masing 15 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran spinner ini dilakukan dengan cara santri maju satu persatu secara bergantian dan akan menebak dengan cara mengambil contoh ayat yang sudah tersedia, (2) Pembelajaran nahwu dengan metode amsilati pada kelas eksperimen pada jilid 1 dengan model ceramah berbantuan media spinner menunjukkan hasil yang efektif. Dimana nilai hasil belajar santri meningkat dengan adanya pembelajaran dengan menggunakan media ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhapsari Pradnya Paramida, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Spinner, Pembelajaran Amsilati.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Mar 2022 13:32
Last Modified: 31 Mar 2022 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum