ANALISIS MODUL BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH KELAS XI SEMESTER GANJIL KARYA TIM GURU PAI DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2019

Siti Khur Fatonah, NIM. 15420027 (2020) ANALISIS MODUL BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH KELAS XI SEMESTER GANJIL KARYA TIM GURU PAI DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MODUL BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH KELAS XI SEMESTER GANJIL KARYA TIM GURU PAI DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2019)
15420027_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MODUL BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH KELAS XI SEMESTER GANJIL KARYA TIM GURU PAI DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2019)
15420027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu kelayakan modul Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XI Semester Ganjil Karya Tim Guru PAI ditinjau dari segi kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan objek penelitian buku teks “Modul Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XI Semester Ganjil Karya Tim Guru PAI”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul ini layak sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Arab bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman dan telah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Modul ini disajikan dengan bahasa yang sederhana, komunikatif dan dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan (individu dan kelompok) beserta gambar-gambar yang cukup menarik yang mengajak siswa untuk belajar aktif dan mandiri. Akan tetapi, dari beberapa hal dalam buku tersebut masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki. Diantaranya dari segi materi/isi, materi dalam buku ini belum sesuai dengan perkembangan bahasa Arab, rujukan yang digunakan kurang keterkinian dan kurang lengkap dalam pemberian harakat. Dari segi penyajian, dalam buku ini tidak terdapat KI dan KD, daftar transliterasi Arab–Latin, daftar istilah (glosarium), indeks dan materi audio. Dari segi kebahasaan, bahasa yang digunakan belum sesuai dengan tingkat perkembangan sosial emosional. Dan dari segi kegrafikan, gambar yang disajikan masih kurang bervariasi dan belum disertai dengan keterangan gambar (caption).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, SS., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kelayakan Isi, Penyajian, Bahasa, Kegrafikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Mar 2022 14:33
Last Modified: 31 Mar 2022 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum