ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VI MI MA’ARIF CANDRAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Raihan Safira Aulia, NIM. 16420009 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VI MI MA’ARIF CANDRAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VI MI MA’ARIF CANDRAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
1. 16420009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VI MI MA’ARIF CANDRAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
2. 16420009_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, berupa penelitian deskriptif analitis, yang memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilakukan. Melalui data atau sempel yang telah terkumpul, kemudian hasil penelitian akan diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah terdapat kesulitan serta kesulitan apa saja yang dirasakan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat kesulitan yang dialami siswa kelas VI MI Ma’arif Candran Sleman Yogyakarta Yaitu sebagai berikut: Terdapat kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami peserta didik diberbagai Aspek mulai dari Aspek Istima’, kalam, kitabah dan qira’ah. Hal ini dapat dilihat dari kesalahan yang dilakukan peserta didik pada aspek Fonologi dengan jumlah persentase kesalahan yang dilakukan sebanyak seratus persen. Selanjutnya pada aspek Sintaksis persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak sembilan puluh dua koma delapan persen yang melakukan kesalahan. Pada aspek Morfologi dan Simantik, persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak sembilan puluh enam koma empat persen. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor antara lain: yang pertama latar belakang didikan dasar yang berbeda-beda. Kedua metode yang digunakan adalah metode pembelajaran kontemporer atau klasik. Ketiga media yang tersedia dalam pembelajaran bahasa Arab masih terbatas. Keempat Alokasi waktu pembelajaran bahasa Arab dan guru bahasa Arab yang terbatas. Kelima Rendahnya minat dan keseriusan siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Bahasa Arab, Kesulitan Berbahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Apr 2022 09:55
Last Modified: 13 Apr 2022 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50446

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum