STUDI EKSPERIMEN PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2019/2020

OKTAVIANINGSIH, NIM: 16420014 (2020) STUDI EKSPERIMEN PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI EKSPERIMEN PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2019/2020)
1420014_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI EKSPERIMEN PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-converted.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode community language learning dan untuk mengetahui apakah metode community language learning berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 1 Magelang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan format pre-test post-test control group design. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Arab pada umumnya dan khususnya untuk MTs Negeri 1 Magelang sebagai tempat dilakukannya penelitian. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian eksperimen (eksperimental research) dan menggunakan analisis kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B MTs Negeri 1 Magelang yang berjumlah 72. Kelas VII A berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan eksperimen, observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis tersebut dilakukan dengan uji validitas menggunakan rumus product moment, uji reliabilitas menggunakan cronbanch alpha, uji normalitas menggunakan rumus one-sample kolmogorov-smirnov, uji homogenitas menggunakan rumus analisis varians dan yang terakhir uji independent “T” test. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode community language learning dengan tahap-tahap seperti: translation, group work, recording, transcription, analysis, listening dan free conversation. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas eksperimen meningkat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test. Nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat sebesar 20,973 dan untuk kelas kontrol meningkat sebesar 3,278. Sedangkan, hasil penelitian berdasarkan analisis statistik menunjukkan bahwa dari perhitungan uji “t” didapatkan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil uji statistik tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan hasil prestasi belajar bahasa Arab antara kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode community language learning) dan kelompok kontrol ((kelompok yang tidak menggunakan metode community language learning). Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil prestasi belajar bahasa Arab dipengaruhi oleh penerapan metode community language learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: belajar bahasa arab, metode community
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:01
Last Modified: 13 Apr 2022 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum