AL SARDIYAH FI AL MASRAHIYAH MA'SAH UDIB LI 'ALI AHMAD BAKATHIR (DIRASAH TAHLILIYAH SARDIYAH TSVETAN TODOROV)

Ilham Rozaq Al Asát, NIM.: 16110063 (2020) AL SARDIYAH FI AL MASRAHIYAH MA'SAH UDIB LI 'ALI AHMAD BAKATHIR (DIRASAH TAHLILIYAH SARDIYAH TSVETAN TODOROV). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SARDIYAH FI AL MASRAHIYAH MA'SAH UDIB LI 'ALI AHMAD BAKATHIR (DIRASAH TAHLILIYAH SARDIYAH TSVETAN TODOROV))
16110063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL SARDIYAH FI AL MASRAHIYAH MA'SAH UDIB LI 'ALI AHMAD BAKATHIR (DIRASAH TAHLILIYAH SARDIYAH TSVETAN TODOROV))
16110063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Drama Ma’sa>h ’Udi>b menjadi populer akan aksi heroik yang tercampur dengan nilai tragis di dalamnya. Penyampaian pesan moral yang digunakan pada drama ini dapat dilihat dari sudut pandang narasi yang digunakan. Dengan demikian drama ini menarik untuk dikaji melalui struktur naratif dengan sudut pandang Tzvetan Todorov. Penelitian dengan judul Naratologi dalam Drama Ma’sa>h ’Udi>b karya Ali> Ah}mad Ba>kas\i>r dengan sudut pandang struktur naratif Tzvetan Todorov ini memiliki rumusan masalah mengenai bagaimana konsep struktur naratif pada drama tragedy oedipus jika ditinjau dengan sudut pandang Tzvetan Todorov dan bagaimana konsep struktur naratif terbentuk pada drama tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana naratologi yang terdapat pada drama Tragedi Odipus terbentuk dan bagaimana bentuk konsep narasi jika ditinjau dengan sudut pandang struktur naratif Tzvetan Todorov. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek material yang akan dibahas pada penelitian ini adalah drama Ma’sa>h ’Udi>b karya Ali> Ah}mad Ba>kas\i>r dengan menggunakan teori struktur naratif Tzvetan Todorov sebagai objek formalnya. Berdasarkan implementasi teori analisis naratif Tzevetan Todorov dalam drama Ma’sa>h ’Udi>b beralur maju dan keseluruhan cerita yang terdapat di dalamnya merupakan perjalanan tokoh Oedipus. Pada drama ini mempunyai tiga fase yaitu fase ekuilibrium awal, fase gangguan (distruption), dan fase ekuibrium akhir. Fungsi dari fase-fase ini adalah sebagai moral portrait dan sebagai strategi memahami alur cerita. Pemilihan topik ketragisan hidup yang membuat kesan serba salah dalam memutuskan sesuatu pada tokoh Oedipus merupakan strategi pengarang dalam mengorelasikan isi dengan judul yaitu Ma’sa>h ’Udi>b atau Tragedy Oedipus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Kanif Anwari, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Drama, Cerita, Naratif, Todorov
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 10:31
Last Modified: 19 Apr 2022 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum