AL FARD WA AL DIN FI DIWAN AL AMIR AL SHA'IR 'ABDULLAH IBN RAWAHAH TAHQIQ MUHAMMAD 'ALI AL QUTBI (DIRASAH TAHLILIYAH NAFSIYAH GORDON ALPORT)

Intan Kurrota A' Yunin, NIM.: 16110067 (2020) AL FARD WA AL DIN FI DIWAN AL AMIR AL SHA'IR 'ABDULLAH IBN RAWAHAH TAHQIQ MUHAMMAD 'ALI AL QUTBI (DIRASAH TAHLILIYAH NAFSIYAH GORDON ALPORT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL FARD WA AL DIN FI DIWAN AL AMIR AL SHA'IR 'ABDULLAH IBN RAWAHAH TAHQIQ MUHAMMAD 'ALI AL QUTBI (DIRASAH TAHLILIYAH NAFSIYAH GORDON ALPORT))
16110067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL FARD WA AL DIN FI DIWAN AL AMIR AL SHA'IR 'ABDULLAH IBN RAWAHAH TAHQIQ MUHAMMAD 'ALI AL QUTBI (DIRASAH TAHLILIYAH NAFSIYAH GORDON ALPORT))
16110067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bentuk kepribadian matang dengan orientasi keagamaan 'Abdullah bin Rawahah yang merujuk karya sastranya sebagai objek penelitian dalam rangka mencari tahu bentuk keduanya. Sumber data penelitian ini adalah puisi karya ‘Abdullah bin Rawahah dalam Diwan al-Amiry as-Syair ‘Abdullah bin Rawahah oleh Muhammad Ali al-Quthbi yang diterbitkan tahun 2010. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca-catat, sedang analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah berupa kategorisasi, tabulasi, interpretasi, dan kesimpulan. Dengan teori psikologi kepribadian Gordon W. Allport sebagai landasan teorinya. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, kematangan pribadi ‘Abdullah bin Rawahah adalah proses dari perjalanan kepribadian Ibnu Rawahah yang terpengaruh dari pengalaman, perenungan, dan filosofi hidup. Kedua, jenis orientasi keagamaan instrinsik yang paling ditujukan dan menonjol dari puisi-puisinya, bentuknya adalah keikhlasan kepada Allah, ketakwaan kepada Allah, cara memperlakukan orang lain, keyakinan terhadap akhirat, surga dan neraka, pengalaman yang mempengaruhi keimanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mustari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Matang, Orientasi Keagamaan, Psikologi Sastra, Puisi
Subjects: Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 10:41
Last Modified: 19 Apr 2022 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50548

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum