AL 'ANASIR AL DAKHILIYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH 'RAJUL FI AL ZIHAM" LI NAJIB KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH LI ROBERT STANTON)

Rifqi Afifudin Muhajir, NIM.: 14110042 (2021) AL 'ANASIR AL DAKHILIYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH 'RAJUL FI AL ZIHAM" LI NAJIB KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH LI ROBERT STANTON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL 'ANASIR AL DAKHILIYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH 'RAJUL FI AL ZIHAM" LI NAJIB KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH LI ROBERT STANTON))
14110042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL 'ANASIR AL DAKHILIYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH 'RAJUL FI AL ZIHAM" LI NAJIB KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH LI ROBERT STANTON))
14110042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

bjek material penelitian ini adalah cerpen Rajul fi az- Ziham karya Najib al-Kailani cerpen ini menceritakan kepasrahan seorang laki-laki atas kejadian yang telah ditetapkan Allah dan dapat mengambil hikmah dalam kondisi terburuk sekalipun. Dalam cerita tokoh laki-laki tersebut disiksa dan di tahan oleh para aparat di dalam penjara, ia tidak tahu alasan apa yang membuat ia dilakukan seperti itu, pada akhirnya ia berprasangka baik terhadap Allah, bahwa semua kejadian pasti ada hikmahnya. Peneliti tertarik untuk meneliti cerpen tersebut karena cerita dalam cerpen ini banyak hikmah yang terkandung di dalamnya yang dapat kita aplikasikan ke dalam kehidupan kita yang sesungguhnya. Dan karena masalah dalam cerpen tersebut mengenai unsur intrinsik berupa alur, tokoh, latar, tema dan sudut pandang dalam membangun sebuah cerita yang menjadikan novel tersebut menarik untuk diteliti. Oleh karenanya persoalan dalam penelitian ini adalah bagaimana fakta-fakta cerita dan sarana-sarana cerita yang ada pada cerpen Rajul fi az-Ziham karya Najib al-Kailani? Dalam menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan teori Robert Stanton dengan analisis Fakta Cerita berupa alur, tokoh, latar, tema dan sarana cerita berupa sudut pandang, judul, gaya, simbolisme dan ironi. Temuan dalam penelitian ini adalah alur maju progressif, tokoh dalam cerpen ini yaitu Said Abdul Bari sebagai tokoh utama dan Fatimah dan polisi sebagai tokoh tambahan, latar berupa penjara tempat Said Abdul Bari di tahan, tema dalam cerpen ini adalah pasrah atas ketetapan Allah, sudut pandang berupa sudut pandang orang ketiga. Judul dalam cerpen ini relevan dengan cerita, karena judul ini sudah bisa menggambarkan seluruh isi cerita. Gaya dalam cerpen ini dikemas dengan bahasa yang lugas, konkret, simpel, dan langsung. Simbol yang dimunculkan dalam cerpen Rajul fi az-Ziham karya Najib Kailani melalui penanaman karakter yang bernama Said Abdul Bari. Ironi dalam cerpen ini adalah ironi dramatis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag M.Si.
Uncontrolled Keywords: Rajul fi az-Ziham, Najib al-Kailani, Robert Stanton.
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 14:00
Last Modified: 19 Apr 2022 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum