QUDRAH AL TALABAH FI TA'LIM KITAB AL 'IMRITI BI MA'HAD AL LUQMANIYAH AL ISLAMI AL SALAFI WA MA'HAD HIDAYAH MUB'TADI'IN AL ISLAMI YOGYAKARTA 1440/1441 H

Hotibul Hasan, NIM.: 15420086 (2021) QUDRAH AL TALABAH FI TA'LIM KITAB AL 'IMRITI BI MA'HAD AL LUQMANIYAH AL ISLAMI AL SALAFI WA MA'HAD HIDAYAH MUB'TADI'IN AL ISLAMI YOGYAKARTA 1440/1441 H. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (QUDRAH AL TALABAH FI TA'LIM KITAB AL 'IMRITI BI MA'HAD AL LUQMANIYAH AL ISLAMI AL SALAFI WA MA'HAD HIDAYAH MUB'TADI'IN AL ISLAMI YOGYAKARTA 1440/1441 H)
15420086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (QUDRAH AL TALABAH FI TA'LIM KITAB AL 'IMRITI BI MA'HAD AL LUQMANIYAH AL ISLAMI AL SALAFI WA MA'HAD HIDAYAH MUB'TADI'IN AL ISLAMI YOGYAKARTA 1440/1441 H)
15420086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode diskusi dalam pembelajaran nahwu kitab `imrity di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah (2) mengetahui metode ceramah dalam pembelajaran nahwu kitab `imrity di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin (3) mengetahui perbedaan yang signifikan antara metode diskusi di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah dan metode ceramah di Hidayatul Mubtadiin Yogyakarta dalam pembelajaran nahwu kitab `Imrity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis studi perbandingan Objek formalnya adalah metode diskusi dan ceramah dalam pembelajaran nahwu kitab `Imrity, sedangkan objek materialnya adalah pembelajaran nahwu di Pondok Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah dan Hidayatul Mubtadi`in Yogyakarta. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakam tehnik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji mann wihtney dengan SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) Metode diskusi yang digunakan oleh Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Assalafiyyah dalam pembelajaran nahwu kitab Al `imrity memperoleh rata-rata sebesar 79,03. (2) Metode ceramah yang digunakan oleh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi`in dalam pembelajaran mata pelajaran nahwu kitab Al `imrity memperoleh rata-rata sebesar 78,48. (3) Tidak ada perbedaaan yang signifikan antara metode diskusi dan metode ceramah dikedua pondok pesantren tersebut. Hasil uji mann wihtney bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukan 0,832.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I.,M.S.I
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Metode Pembelajaran, Nahwu
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 14:07
Last Modified: 19 Apr 2022 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum