USLUB AL QASAR FI KITAB MUKHTAR AL AHADITH AL NABAWIYAH WA AL HUKMIYAH AL MUHAMMADIYYAH LI SAYYID AHMAD AL-HASHIMI

Ainun Nizar Al Malisi, NIM.: 15110051 (2021) USLUB AL QASAR FI KITAB MUKHTAR AL AHADITH AL NABAWIYAH WA AL HUKMIYAH AL MUHAMMADIYYAH LI SAYYID AHMAD AL-HASHIMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USLUB AL QASAR FI KITAB MUKHTAR AL AHADITH AL NABAWIYAH WA AL HUKMIYAH AL MUHAMMADIYYAH LI SAYYID AHMAD AL-HASHIMI)
15110051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (USLUB AL QASAR FI KITAB MUKHTAR AL AHADITH AL NABAWIYAH WA AL HUKMIYAH AL MUHAMMADIYYAH LI SAYYID AHMAD AL-HASHIMI)
15110051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari hadist-hadist Tahdz>ibun Nufu>s dalam kitab Mukhta>rul Aha>dist an-Nabawiyyah wa al-Hikam al- Muhammadiyyah karya Sayyid Ahmad Al-Hasyimi yang mengandung uslūb qaṣr, mencari jenis-jenisnya, dan menganalisis implikasi makna pada uslu>b qosr terhadap pemaknaan hadist-hadist tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Uslu>b qosr, dan metode analisis data yang dipakai menggunakan metode deskriptif analisis, diawali membaca hadist-hadist dengan cermat dalam kitab Mukhta>r al-Hadis an- Nabawiyyah wa al-Hikam al-Muhammadiyyah dan mencari implikasi uslu>b qosr terhadap pemaknaan hadist-hadist tersebut. Hadist merupakan segala sesuatu yang datang dari Nabi Muhammad SAW, berupa perkataan, perbuatan, ketetapan, dan segala yang terkait dengan Nabi Muhammad SAW. Kitab ini merupakan salah satu kitab hadist yang di pelajari oleh santri di pondok-pondok pesantren di Indonesia. Dalam hadist-hadist tersebut, banyak jenis-jenis uslu>b yang digunakan. Salah satunya adalah uslu>b qosr. Dalam Skripsi yang berjudul Uslu>b qosr dalam kitab Mukhta>r al- Hadis an- Nabawiyyah wa al-Hikam al-Muhammadiyyah ini ditemukan hadist-hadist yang mengandung uslu>b qosr dalam kitab tersebut. Terdapat 18 uslu>b qosr. Ditinjau dari hakikat dan kenyataan, terdapat 14 qosr haki>ki dan 3 qosr idhofi>, berdasarkan bagian-nya, terdapat 4 qosr sifat ala mausu>f dan 13 qosr mausu>f ala sifah. Adanya qosr dalam uslu>buslu> b tersebut bertujuan untuk pengkhususan, peringatan, dan membesar-besarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Uslub Qasr, Sayyid Ahmad Al-Hasyimi, kitab Mukhtarul Ahadist an-Nabawiyyah wa al-Hikam al-Muhammadiyyah
Subjects: Bahasa Arab
Hadis
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 14:27
Last Modified: 19 Apr 2022 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50595

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum