UPAYA GURU DALAM MENANGANI FENOMENA DEMOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING PADA SISWA KELAS 8 MTS NU AL-MUNAWWAROH DAWE KUDUS TAHUN AJARAN 2020/2021 SKRIPSI

Syarifatus Sa’diyah, NIM.17104020078 (2022) UPAYA GURU DALAM MENANGANI FENOMENA DEMOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING PADA SISWA KELAS 8 MTS NU AL-MUNAWWAROH DAWE KUDUS TAHUN AJARAN 2020/2021 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENANGANI FENOMENA DEMOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING PADA SISWA KELAS 8 MTS NU AL-MUNAWWAROH DAWE KUDUS TAHUN AJARAN 2020/2021 SKRIPSI)
17104020078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENANGANI FENOMENA DEMOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING PADA SISWA KELAS 8 MTS NU AL-MUNAWWAROH DAWE KUDUS TAHUN AJARAN 2020/2021 SKRIPSI)
17104020078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk demotivasi, faktor-faktor yang menyebabkan demotivasi, dan upaya guru bahasa Arab dalam menangani demotivasi yang terjadi pada siswa kelas 8 MTs NU Al-Munawwaroh Dawe Kudus. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Pengumpulan datanya dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk demotivasi yang terjadi pada siswa kelas 8 yaitu siswa mulai jenuh dan tidak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan sistem daring, siswa merasa mulai kesulitan untuk memahami setiap materi yang diajarkan, semakin sedikit siswa yang aktif ketika pembelajaran berlangsung, siswa juga mengalami (learning loss) dan yang terakhir adalah kurangnya kepercayaan dalam diri siswa. (2). Ada dua faktor yang mempengaruhi demotivasi pembelajaran bahasa Arab daring pada siswa kelas 8 yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternalnya berasal dari lingkungan dan sarana prasarana, kurangnya perhatian dari orang tua dan kurangnya perhatian dari guru. Adapun faktor internalnya siswa merasa sulit lepas dari zona nyaman pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan dengan sistem tatap muka di kelas dan siswa terlalu berstigma negatif terhadap pembelajaran bahasa Arab daring. (3) Ada banyak upaya yang sudah dilakukan oleh guru bahasa Arab agar siswa tidak mengalami demotivasi lagi ketika melaksanakan pembelajaran daring seperti: Membuatkan ppt interaktif yang berisi materi-maeri di dalamnya, membuatkan mini kamus yang berisi kumpulan mufrodat atau kosa kata di dalamnya, dan menggunakan berbagai aplikasi selain menggunakan whatsapp grup, seperti, youtube, google form, dan zoom. Adapun upaya yang dilaksanakan oleh pihak MTs NU Al-Munawwaroh yaitu memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran dengan cara tatap muka atau luring, hal ini dilaksanakan agar siswa menjadi bersemangat kembali untuk mengikuti setiap pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Upaya, Demotivasi, Pembelajaran Daring, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Apr 2022 13:21
Last Modified: 20 Apr 2022 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum