PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 14 MAGETAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Sarah Almaulidia, NIM. 17104020036 (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 14 MAGETAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 14 MAGETAN TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104020036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 14 MAGETAN TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104020036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah kurangnya kemandirian belajar siswa yang dilaterbelakangi oleh perbedaan pemahaman akan materi pembelajaran yang disampaikan, serta perbedaan nilai yang terpengaruh karena pembelajaran dilaksanakan secara daring dan luring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa dalam belajar Bahasa Arab, prestasi Bahasa Arab siswa dan pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi Bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 14 Magetan tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan memakai seluruh populasi yang berjumlah 31 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis pengaruh kedua variabel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh tingkat kemandirian belajar siswa kelas V MIN 14 Magetan menunjukkan 19% siswa mempunyai kemandirian belajar yang tinggi, 65% mempunyai kemandirian belajar yang sedang, dan 16% mempunyai kemandirian belajar yang rendah. Prestasi Bahasa Arab siswa kelas V MIN 14 Magetan menunjukkan 55% mempunyai prestasi yang tinggi, 29% mempunyai prestasi yang sedang, dan 16% mempunyai prestasi yang rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak terlalu signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi Bahasa Arab siswa kelas V MIN 14 Magetan tahun ajaran 2021/2022, setelah dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana diperoleh t hitung sebesar 4,139 > 2,039 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh antara dua variabel tersebut 37,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, Prestasi Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:31
Last Modified: 21 Apr 2022 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum