PENGARUH KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MA’HAD ALY AL-TARMASI PONDOK TREMAS PACITAN

Zakiyyah Salma, NIM . 17104020040 (2022) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MA’HAD ALY AL-TARMASI PONDOK TREMAS PACITAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MA’HAD ALY AL-TARMASI PONDOK TREMAS PACITAN)
17104020040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MA’HAD ALY AL-TARMASI PONDOK TREMAS PACITAN)
17104020040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik semester 1 Tahun 2021 di Ma’had Aly Al Tarmasi Pondok Tremas Pacitan dan adakah pengaruh kesiapan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar bahasa Arab di Ma’had Aly Al Tarmasi Pondok Tremas Pacitan Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik semester 1 Tahun 2021 di Ma’had Aly Al Tarmasi Pondok Tremas Pacitan yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Uji hipotesis meliputi korelasi Product Moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kategori kesiapan belajar peserta didik semester 1 Tahun 2021 pada kategori sangat tinggi sebanyak 4 peserta didik (5,7%), kategori tinggi sebanyak 23 peserta didik (32,8%), kategori sedang sebanyak 27 peserta didik (38,6%), kategori rendah sebanyak 13 peserta didik (18,6%), dan kategori sangat rendah sebanyak 3 peserta didik (4,3%); 2) kategori prestasi belajar peserta didik semester 1 Tahun 2021 pada kategori sangat tinggi sebanyak 3 peserta didik (4,3%), kategori tinggi sebanyak 13 peserta didik (18,6%), kategori sedang sebanyak 28 peserta didik (40%), kategori rendah sebanyak 21 peserta didik (30%), dan kategori sangat rendah sebanyak 5 peserta didik (7,1%); 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar peserta didik dan prestasi belajar bahasa Arab sebesar 47,6% ditunjukkan dengan rhitung > rtabel (0,690 > 0,2352), korelasi dalam penelitian ini tergolong kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:31
Last Modified: 21 Apr 2022 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum