AL WATHANIYAH FI AL RIWAYAH RAMADHAN HABIBI LI NAJIB AL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI IAN WATT)

Azhar Ismail Hasibuan, NIM.: 18101010021 (2022) AL WATHANIYAH FI AL RIWAYAH RAMADHAN HABIBI LI NAJIB AL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI IAN WATT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL WATHANIYAH FI AL RIWAYAH RAMADHAN HABIBI LI NAJIB AL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI IAN WATT)
18101010021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL WATHANIYAH FI AL RIWAYAH RAMADHAN HABIBI LI NAJIB AL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI IAN WATT))
18101010021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul Al-Wathaniyyah fī al-Riwayah “Ramadhan Habibi” li Najib al-Kailani (Dirasah Tahlīliyah Ijtima’iyyah Adabiyyah Li Ian Watt) yang bertujuan untuk memaparkan dan mengkaji bagaimana sikap patriotisme yang terdapat dalam novel Ramadhan Habib karya Najib al-Kailani, serta bagaimana hubungan novel tersebut dengan masyarakat Mesir. Secara umum novel ini menceritakan kondisi kelam masyarakat Mesir dan fenomena-fenomena sosial serta perjuangan panjang mereka untuk mempertahankan, dan menegakkan keadilan yang dirampas oleh kaum penjajah, dalam hal ini adalah bangsa Israel. Adapun masalah mendasar yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk sikap patriotisme yang terdapat dalam novel Ramadhan Habibi, serta nilai-nilai sosial yang digambarkan oleh pengarang dalam novel. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra Ian Watt. Menurut Ian Watt, ada tiga aspek yang akan dibahas dalam sosiologi sastra, yakni konteks sosial pengarang, sastra sebagai cermin masyarakat, dan fungsi sosial sastra. Pada penelitian ini peneliti hanya fokus pada salah satu aspek dari tiga yang disebutkan tersebut yaitu sastra sebagai cermin masyarakat, kerena peneliti ingin mendeskripsikan patriotisme yang ada dalam novel Ramadhan Habibi yang merupakan cerminan masyarakat Mesir. Dengan menggunakan teori sosiologi sastra Ian Watt, maka hasil penelitian menemukan bahwa terdapat tujuh bentuk sikap patriotisme yang ada pada novel Ramadhan Habibi karya Najib al-Kailani: cinta tanah air, keberanian, rela berkorban untuk bangsa dan negara, persatuan, pantang menyerah, solidaritas atau kesetiakawanan sosial, percaya diri dan toleransi. Kemudian nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Ramadhan Habibi berupa, gagasan kebebasan, perdamaian, keadilan, cinta kasih, rasa sepenanggungan, tolong menolong, keagamaan yang merupakan nilai-nilai sosial yang ada pada masyarakat Mesir sendiri. Novel Ramadhan Habibi ini ditulis oleh pengarang berdasarkan sejarah dan realitas yang terjadi di dalam masyarakat dengan idealisme tokoh dari pengarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Uki Sukiman, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Patrotisme, Novel Ramadhan Habibi, Najib al-Kailani
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2022 09:26
Last Modified: 18 May 2022 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50704

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum