PENGARUH SELF AWARENESS DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

M. Ardik Setiawan, NIM.: 15600019 (2022) PENGARUH SELF AWARENESS DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SELF AWARENESS DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
15600019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SELF AWARENESS DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
15600019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh positif self awareness terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah terdapat pengaruh positif self esteem terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah terdapat pengaruh positif self awareness dan self esteem terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022 dengan populasi siswa kelas X MIPA yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 107 siswa kelas X MIPA dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu skala self awareness dan skala self esteem. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda. Peneliti melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebelum melakukan kedua analisis regresi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif self awareness terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan hasil uji t dengan nilai thitung sebesar 2,572 dan nilai sig sebesar 0,012, serta nilai koefisien regresi dari self awareness sebesar 0,189; 2) terdapat pengaruh positif self esteem terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan hasil uji t dengan nilai thitung sebesar 2,488 dan nilai sig sebesar 0,014, serta nilai koefisien regresi dari self esteem sebesar 0,214; 3) terdapat pengaruh positif self awareness dan self esteem terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan hasil uji F dengan nilai Fhitung sebesar 3,470 dan nilai sig sebesar 0,035, serta nilai koefisien regresi dari self awareness sebesar 0,120 dan self esteem sebesar 0,097.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: self awareness; self esteem; hasil belajar;
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Apr 2022 14:36
Last Modified: 27 Apr 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum