PENGEMBANGAN MEDIA BUKU DIGITAL TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Oleh: RAGIL DIAN PURNAMA PUTRI 20204081007

Ragil Dian Purnama Putri, NIM. 20204081007 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU DIGITAL TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Oleh: RAGIL DIAN PURNAMA PUTRI 20204081007. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU DIGITAL TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Oleh: RAGIL DIAN PURNAMA PUTRI 20204081007 TESIS Diajukan kepada)
20204081007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU DIGITAL TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Oleh: RAGIL DIAN PURNAMA PUTRI 20204081007 TESIS Diajukan kepada)
20204081007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

diketahui bahwa negara Indonesia masih rendah dalam hal membaca. Penyebab rendahnya minat baca siswa yaitu minimnya fasilitas literasi di sekolah, guru masih pasif, dan media literasi yang sesuai untuk siswa belum terpenuhi. Hal tersebut telah mengakibatkan siswa mengalami penurunan dalam hal membaca terlebih pada pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara blended learning. Rendahnya minat baca siswa di sekolah perlu adanya pengembangan media literasi agar siswa dapat membaca buku di mana pun dan kapan pun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media literasi Buku Digital Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup untuk meningkatkan minat baca siswa kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu tahap Analisis (Analysis) merupakan kegiatan menganalisis kebutuhan di sekolah terhadap kurangnya minat baca siswa kelas III SD N Pilangrejo dan SD N Natah. Desain (Design) merupakan kegiatan membuat draft dan mendesain media menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Pengembangan (Development) merupakan kegiatan pengembangan produk yang diujikan kepada ahli media dan ahli materi serta respon guru sebagai bahan masukan maupun evaluasi. Implementasi (Implementation) merupakan tahap merealisasikan media di kelas eksperimen pada siswa kelas III SD N Pilangrejo. Evaluasi (Evalution) merupakan tahap untuk melakukan evaluasi terhadap kelayakan dan keberhasilan dalam mengembangkan media buku digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dihasilkan media buku digital yang layak digunakan oleh siswa kelas III SD pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (2) Media literasi berbasis buku digital pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dapat digunakan oleh siswa secara mandiri. Hal ini berdasarkan hasil kelayakan yang sudah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta masukan dari guru kelas III. Berdasarkan penilaian ahli media adalah “Sangat Baik” dengan skor 57 dan nilai 95. Sedangkan berdasarkan penilaian ahli materi adalah “Sangat Baik” dengan skor 60 dan nilai 100. Terakhir penilaian guru sebagai bahan masukan adalah “Sangat Baik” dengan skor 54 dan nilai 90. (3) Media buku digital telah teruji dapat meningkatkan minat baca siswa kelas III SD dengan perhitungan dari uji -t kelas ekperimen menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari ttabel 2,787>2,037. Adapun perhitungan pada kelas kontrol menunjukkan bahwa skor thitung lebih kecil dari ttabel 1,413<2,145. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan posttest kelas eksperimen pada minat baca menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nurgaheni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Literasi, Buku Digital, Minat Baca
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Apr 2022 10:45
Last Modified: 28 Apr 2022 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum