ANALISIS KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020-2021 (STUDI KASUS DI MA NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA)

Siti Chairun Nisyah, NIM.: 17104020048 (2022) ANALISIS KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020-2021 (STUDI KASUS DI MA NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020-2021 (STUDI KASUS DI MA NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA))
17104020048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020-2021 (STUDI KASUS DI MA NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA))
17104020048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreativitas guru bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MA Nur Iman Mlangi Yogyakarta, untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap kreativitas yang diberikan saat pembelajaran daring bahasa Arab, dan untuk mengetahui peran sekolah dalam mendukung kreativitas guru. Penelitian ini merupakan penelitian observasi non partisipan yang dilakukan di MA Nur Iman Mlangi, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. subyek penelitiannya adalah guru bahasa Arab, Siswa, Kepala Madrasah dan Karyawan, Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, analisa data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merencanakan proses pembelajaran daring untuk menumbuhkan minat belajar siswa dibutuhkan perencanaan mulai dari sebelum pelaksanaan sampai materi itu tersampaikan. Guru di MA Nur Iman Mlangi mengembangkan kreativitasnya dengan cara mengembangkan media pembelajaran yang menarik seperti memberikan video pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru kemudian siswa menulis apa yang didengar dari video tersebut lalu mempresentasikannya. Kemudian, Strategi pembelajaran yang digunakan guru bahasa Arab di MA Nur Iman Mlangi lebih memilih menggunakan strategi pembelajaran berbasis inquiri dan strategi CTL, dalam pemakaian metode yaitu dengan mengaplikasikan beberapa metode diskusi online dan tanyanjawab antar kelompok. Untuk minat belajar siswa kelas XI MA Nur Iman Mlangi dalam pembelajaran daring bahasa Arab ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar mereka tinggi ditunjukkan dari hasil kuesioner yang mengatakan bahwa mereka merasa senang dengan metode pembelajaran yang digunakan dan mereka selalu mengikuti proses pembelajaran daring dari awal hingga akhir. Adapun peran sekolah dalam mendukung kreativitas guru bahasa Arab di sekolah yaitu Mengadakan rapat dinas dengan semua guru untuk memberi arahan kepada guru agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin dan selalu mengevaluasi kinerja guru untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran. Mengirim guru-guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), workshop pembelajaran berbasis IT, seminar, pelatihan kurikulum 2013, penyusunan perangkat mengajar. Serta Menyediakan alat peraga, sarana dan prasarana yang baik untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru Bahasa Arab, Minat Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2022 09:46
Last Modified: 28 Apr 2022 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum