STRATEGI PEMBELAJARAN KITABAH ONLINE DENGAN METODE SCAMPER BAHASA DAN SASTRA ARAB TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Salimatul Fuadah, NIM.: 19204020017. (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN KITABAH ONLINE DENGAN METODE SCAMPER BAHASA DAN SASTRA ARAB TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN KITĀBAH ONLINE DENGAN METODE SCAMPER BAHASA DAN SASTRA ARAB TAHUN AKADEMIK 2021/2022)
19204020017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN KITĀBAH ONLINE DENGAN METODE SCAMPER BAHASA DAN SASTRA ARAB TAHUN AKADEMIK 2021/2022)
19204020017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi unik dan terbaru terhadap pendidik atau guru dalam pembelajaran menulis kreatif berbahasa Arab secara online yakni dengan metode Scamper berbasis online yang layak digunakan dan menguji adanya perbedaan strategi tersebut dalam mata kuliah kitābah mahasiswa semester 4 bahasa dan sastra Arab UIN Sunan Kalijaga. Adapun desain penelitian yang peneliti gunakan adalah True – Eksperimental Designs dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek uji coba yang digunakan kelas C dan D semester 4 Bahasa dan Sastra Arab sebagai kelompok eksperimen dan untuk kelas A semester 4 Bahasa dan Sastra Arab sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah menguji “t” (Paired Sample T-Test) dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis kreatif bahasa Arab menggunakan strategi pembelajaran dengan metode Scamper berbasis online pada mata kuliah kitābah dinyatakan efektif, dengan hasil pretest kelompok eksperimen dan kontrol pada uji -t independent simpel test menunjukkan bahwa sig. 0.003 < 0.05. Sedangkan hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol pada uji-t independent simpel test menunjukkan sig. 0.00 < 0.05. Diperkuat dengan analisis uji-paired sampel test antara posttest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan taraf sig. 0.00 < 0.05 sehingga disimpulkan bawah Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan. Adapun hasil belajar menulis kreatif bahasa Arab dengan metode scamper setelah dilakukan treatment pada kelompok eksperimen, hal ini dapat dilihat dari peningkatan kelompok eksperimen sebesar 12 dan kelompok kontrol 5,2. Hal ini membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran dengan metode scamper berbasis online kelas ekperimen dalam menulis kreatif bahasa Arab pada mata kuliah kitabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: metode scamper; berbasis online; Mata Kuliah Kitabah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Apr 2022 10:35
Last Modified: 28 Apr 2022 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum