MEDIA TORSO MANEKEN DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI PERAWATAN JENAZAH DI KELAS XI SMK DIRGANTARA PUTRA BANGSA YOGYAKARTA

Fadhillah Izzatun Nisa, NIM.: 18104010016 (2022) MEDIA TORSO MANEKEN DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI PERAWATAN JENAZAH DI KELAS XI SMK DIRGANTARA PUTRA BANGSA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA TORSO MANEKEN DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI PERAWATAN JENAZAH DI KELAS XI SMK DIRGANTARA PUTRA BANGSA YOGYAKARTA)
18104010016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEDIA TORSO MANEKEN DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI PERAWATAN JENAZAH DI KELAS XI SMK DIRGANTARA PUTRA BANGSA YOGYAKARTA)
18104010016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Cara yang ditempuh dalam menyajikan sesuatu, sehingga tercapai suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien adalah dengan penggunaan alat bantu pembelajaran yang tepat dan menyesuaikan karakteristik penggunaannya. Keterlibatan siswa akan mendorong mereka untuk lebih menguasai suatu hal, sehingga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik. Salah satu materi yang sangat penting dan memerlukan kesadaran adalah perawatan jenazah. Sementara itu, keterampilan siswa dalam merawat jenazah di SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta masih sangat kurang, sehingga dikhawatirkan belum mampu menghasikan output siswa yang mampu menerapkan nilai-nilai Islam khususnya dalam perawatan jenazah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan seorang guru PAI dan 83 siswa kelas XI di SMK Dirgantara Putra Bangsa sebagai informan penelitian. Pada pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas XI tidak cukup aktif dan siswa kurang bergairah. Kemudian dilakukan beberapa variasi media dengan menyesuaikan materi yang diajarkan. Adapun pemanfaatan media diantaranya menggunakan media laptop, LCD, televisi, video pembelajaran, gambar, Torso maneken, dll. Hal tersebut bertujuan agar materi dapat diterima dengan baik oleh siswa dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa tidak merasa jenuh dan cenderung aktif dalam kegiatan pembelajaran PAI di kelas. Guru PAI di SMK Dirgantara Putra Bangsa juga mampu menggunakan media yang relevan dengan materi pembelajaran, (2) Penggunaan media Torso maneken sudah cukup baik dan tujuan pembelajaran tercapai. Selain itu, siswa sangat terbantu dalam menerima materi perawatan jenazah ketika menggunakan media Torso maneken. Kelebihan yang dimiliki media Torso maneken dapat menjawab beberapa kesulitan dan hambatan yang sering dialami, (3) Hasil dari penggunaan media Torso maneken terbukti dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa khususnya kelas XI. Adapun penggunaan media pembelajaran Torso maneken sudah memenuhi tiga kriteria yaitu: mampu mengatasi penjelasan yang terlalu verbalistis, terbatasnya ruang dan waktu, serta sikap pasif siswa. Media Torso maneken merupakan media konkrit, sehingga siswa memperoleh pengalaman secara langsung dan lebih aktif dalam pembelajaran terutama dalam memahami materi perawatan jenazah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Torso Maneken, Inovasi Pembelajaran, Perawatan Jenazah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 10:07
Last Modified: 10 May 2022 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum