PENGEMBANGAN VIDEO LAGU KIMIA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK KELAS X SMA/ MA

Febri Ilham Saputra, NIM.: 18106070036 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO LAGU KIMIA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK KELAS X SMA/ MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO LAGU KIMIA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK KELAS X SMA/ MA)
18106070036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO LAGU KIMIA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK KELAS X SMA/ MA)
18106070036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Suasana belajar di dalam kelas sangat penting dan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Media video lagu ini diwujudkan sebagai pengondisian suasana kelas yang bertujuan untuk membantu meningkatan daya ingat dalam pembelajaran, tepatnya materi kimia sistem periodik unsur yang sebagian besar adalah hafalan. Oleh sebab itu, untuk mengetahui kualitas dan respon siswa terhadap produk Pengembangan Video Lagu Kimia Materi Pokok Sistem Periodik Unsur untuk Kelas X SMA/ MA, dilakukan validasi oleh ahli, penilaian guru kimia, dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall, yang terdapat lima tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, dan (5) revisi hasil uji coba lapangan awal. Produk divalidasi oleh ahli materi dan media, ditinjau oleh empat orang peer reviewer, di-review oleh guru kimia, direspon oleh siswa. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan lima guru kimia yang menggunakan model angket Likert skala empat kategori. Selain itu, produk direspon sepuluh siswa menggunakan model akngket skala Guttman. Hasil kualitas produk dari penilaian ahli materi mendapatkan peresentase 91,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian ahli media mendapatkan peresentase 90% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian guru kimia mendapatkan peresentase 97% dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk direspon baik oleh siswa dengan mendapatkan respon instrumen sebesar 95% pada keseluruhan aspek. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga produk video lagu dapat membantu meningkatkan daya ingat siswa dan dapat membantu siswa memahami materi kimia sistem periodik unsur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Suasana Belajar, Media Pembelajaran, Video Lagu, Penelitian Pengembangan, Sistem Periodik Unsur.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 11:27
Last Modified: 10 May 2022 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50951

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum