IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus : Super Dazzle)

Tri Ambarwati, NIM.: 18106050018 (2022) IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus : Super Dazzle). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus : Super Dazzle))
18106050018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus : Super Dazzle))
18106050018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dunia bisnis saat ini semakin ketat dan kompetitif. Agar suatu bisnis berhasil dan dapat bertahan harus melakukan terobosan yang tepat. Salah satunya yaitu dengan memahami karakteristik pola pembelian konsumen. Dengan memanfaatkan historis data penjualan toko untuk mendapatkan pola pembelian konsumen, hasilnya kita dapat mengetahui selera beli konsumen, dan barang-barang yang dibeli secara bersamaan. Penelitian ini mengambil studi kasus di Super Dazzle cabang Gejayan dan Super Dazzle cabang Jakal, dengan menggunakan historis data penjualan menjadi objek yang akan diolah dengan data mining dengan menggunakan algoritma apriori. Dengan menggunakan metode tersebut diharapkan penelitian ini menghasilkan pola aturan asosiasi pada masing-masing cabang Super Dazzle. Penerapan teknik data mining dengan algoritma apriori menggunakan bahasa pemrograma python berhasil diimplementasikan dalam penelitian ini. Sehingga menghasilkan pola-pola pemebelian konsumen pada masing-masing cabang Super Dazzle. Dari pola-pola yang dihasilkan kemudian diinterpretasikan menjadi sebuah knowledge baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mandahadi Kusuma, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Data mining, apriori algorithms, historical data sales, Super Dazzle.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 May 2022 14:43
Last Modified: 12 May 2022 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum