ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Labo Efflamengo, NIM.: 15420029 (2019) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420029_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420029_BAB-II_s.d._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatfi deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu siswa tunanetra di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan kesimpulan dilakukan dengan metode analitik-deskriptif karena penelitian ini bersifat kualitatif yaitu dengan pendekatan filosofis fenomenologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab siswa tunanetra di MAN 2 Sleman Yogyakarta secara umum sama seperti pembelajaran di madrasah pada umumnya. Adapun faktor kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami siswa tunanetra di MAN 2 Sleman yaitu, Pertama: Kesulitan Linguistik mencakup tata bunyi (fonologi), arti (semantik), tata kalimat (sintaksis), dan kesulitan dalam menulis Arab menggunakan huruf braille. Kedua: Kesulitan Non-Linguistik : Kurangnya motivasi, kurangnya pemahaman guru tentang huruf braille , kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran, dan kesulitan karena fasilitas yang masih minim. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut yaitu, Pihak madrasah: menyediakan fasilitas, seperti buku atau kamus berbasis braille, printer braille. Guru: melakukan inovasi metode pembelajaran agar lebih menarik minat belajar siswa tunanetra. Siswa tunanetra: lebih komunikatif kepada guru dan adaptif terhadap lingkungan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor Kesulitan, Belajar Bahasa Arab, Tunanetra
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 08 Jun 2022 15:00
Last Modified: 08 Jun 2022 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum