EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Ahmad Maksum, NIM.: 15420044 (2020) EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420044_BAB-I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420044_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran the power of two dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas X MAN 4 Bantul atau tidak. Ada beberapa submasalah yang akan dibahas pada skripsi ini yaitu 1) Bagaimana penerapan metode the power of two dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran membaca (qira>’ah) Kelas X IPA di MAN 4 Bantul? 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode The Power Of Two dan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode the power of two di Kelas X MAN 4 Bantul?. Untuk menjawab masalah tersebut peneliti ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan pre-test post-test control group design yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran diawali dengan penyampaian mufrodat, kemudian siswa diminta untuk memahami dan menulis maksud dari teks bacaan secara individu. Setelah itu siswa saling berpasangan, hal ini maksudnya agar siswa saling menyempurnakan hasil dari jawaban atau tulisan masing-masing dan sekaligus membuat jawaban baru untuk setiap pasangan. Setelah itu pasangan yang satu berkelompok lagi dengan pasangan yang lain untuk saling berdiskusi dan menyempurnakan antara jawaban pasangan yang satu dengan yang lain. 2) Kemampuan pemahaman siswa terhadap teks qira>’ah setelah diterapkannya metode pembelajaran the power of two tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Hal ini berdasarkan analisis data melalui independent sample t test dan menunjukkan hasil signifikansi 0,091 dan 0,091 lebih besar dari 0,05 maka hipotesis yang menyatakan tidak ada perbedaan signifikan pada keterampilan membaca siswa kelompok eksperimen yang menggunakan metode the power of two diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemahiran Membaca, Metode The Power Of Two
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 09 Jun 2022 11:19
Last Modified: 09 Jun 2022 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum