EKSPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT AL-AF’AL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Findha Fa'idah Ad-Durunnafis, NIM.: 14420003 (2019) EKSPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT AL-AF’AL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT AL-AF’AL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
14420003_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT AL-AF’AL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
14420003_BAB II_SEBELUM_ BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya penguasaan mufradāt siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) sebagai alternatif dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab, terutama mufradāt al-af’al. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran mufradāt al-af’āl dengan metode Total Physical Response (TPR), (2) Mengetahui efektivitas pembelajaran mufradāt al-af’al dengan metode Total Physical Response (TPR). Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MTs Negeri 4 Sleman, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dengan penerapan metode ini, diharapkan dapat meningkatkan penguasaan mufradāt al-af’al siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control group design, obyek yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji mann whitney (uji-u) dan uji wilcoxon (uji-t) melalui SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Total Physical Response (TPR) di kelas VIII A diawali dengan peneliti memperlihatkan materi yang akan dipelajari berupa percakapan bahasa Arab menggunakan LCD, kemudian peneliti membacakan materi tiga kali dan siswa menirukan, kemudian peneliti xii meminta siswa untuk memperhatikan peragaan yang peneliti lakukan, kemudian peneliti memerintahkan satu persatu siswa untuk memperagakan mufradāt al-af’āl yang diucapkan oleh peneliti, dan penguasaan mufradāt al-af’āl siswa setelah diterapkan metode Total Physical Response (TPR) mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 67 menjadi 87. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan mufradāt al-af’āl antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji mann whitney (uji-u) dan uji wilcoxon (uji-t) dan menunjukkan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka Ha diterima. Dan dari analisis semua data, penggunaan metode Total Physial Response (TPR) efektif digunakan dalam meningkatkan penguasaan mufradāt al-af’āl siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Metode, Total Physial Response (TPR), Penguasaan mufradāt
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 09 Jun 2022 11:25
Last Modified: 09 Jun 2022 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51193

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum