STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KOMPETENSI MUHADASAH SISWA KELAS VIII A PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA TAHUN AJARAN 2019/2020

Said Iqbal, NIM.: 15420076 (2020) STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KOMPETENSI MUHADASAH SISWA KELAS VIII A PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KOMPETENSI MUHADASAH SISWA KELAS VIII A PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420076_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KOMPETENSI MUHADASAH SISWA KELAS VIII A PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420076_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya empat aspek yang menyangkut kemampuan seseorang dalam mempelajari bahasa Arab salah satunya adalah kemampuan memahami pembicaraan orang lain yang berbicara dengan bahasa Arab. Aspek tersebut selaras dengan teori dari Howard Gardner tentang Multiple Intelligences, salah satu bentuk dari kecerdasan jamak itu adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan ini memiliki pengertian sebagai kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, baik lisan maupun tulisan, kecerdasan ini mencakup kemampuan dalam memahami struktur bahasa, bunyi bahasa, makna bahasa, dan kegunaan praktis dari bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan kompetensi muhadasah yang dimiliki oleh siswa Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian studi korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui adanya korelasi antara kecerdasan linguistik dan kompetensi muhadasah yang dimiliki siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner (angket), dokumentasi, dan wawancara. Adapun kuisioner dalam penelitian ini meliputi kusioner kecerdasan linguistik dan kompetensi muhadasah. Objek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim, sedengkan xv teknik analisis data menggunakan uji Pearson Product Moment Correlation melalui SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Hasil perhitungan mean dan standar deviasi untuk kecerdasan linguistik diketahui bahwa kecerdasan lingustik siswa kelas VIII A berada pada kriteria baik dengan frekuensi 8 siswa dengan F relatif sebesar 34%. (2) Hasil perhitungan mean dan standar deviasi untuk kompetensi muhādasah diketahui bahwa siswa kelas VIII A memiliki kompetensi muhādasah dengan kriteria cukup baik dengan frekuensi berjumlah 9 siswa dengan F relatif 37,5%. (3) Terdapat korelasi antara kecerdasan linguistik dengan kompetensi muhādasah dengan rhitung sebesar 0,582 yang lebih besar dari rtabel sebesar 0,432 dengan taraf signifikan sebesar 0,003 yang lebih kecil dari 0,05. Kecerdasan linguistik juga berpengaruh positif terhadap kompetensi muhādasah. Dan korelasi antara keduanya berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kecerdasan Lingusitik, Kompetensi Muhadasah.
Subjects: Kesusastraan Arab > Linguistik - Terjemahan
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Jun 2022 14:51
Last Modified: 10 Jun 2022 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum