PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR NAHWU SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Muhammad Sya'dullah Fauzi, NIM.: 16420007 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR NAHWU SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR NAHWU SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420007__BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA,.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR NAHWU SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420007__BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning, dan hasil belajar Nahwu peserta didik; dan untuk mengatahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil Nahwu di SMA Sains Wahid Hasyim Sleman. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi peneliti bagi pengelola pendidikan sebagai bahan evaluasi pembelajaran Nahwu. Khususnya di kelas X MIPA 1 dan X IPS SMA Sains Wahid Hasyim Sleman untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya merupakan Eksperimental Research yang datanya bersifat perbandingan. Analisis datanya menggunakan uji T dengan persyaratan analisis uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov dan uji homogenitas. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Nahwu siswa kelas X SMA Sains Wahid Hasyim Sleman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya rata-rata siswa kelas X Mipa 1 sebelum diterapkan model pembelajaran problem based learning sebesar 74. Sedangkan nilai rata-rata siswa kelas X IPS sebelum diberikan perlakuan sebesar 72. Adapun rata-rata siswa kelas X Mipa 1 setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning sebesar 85, dan rata-rata kelas X IPS setelah diberi perlakuan sebesar 74. Dari hasil analisi uji T diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya, model pembelajaran problem based learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Nahwu siswa. Dan dari hasil N-Gain kelas X Mipa 1 sebesar 11 sedangkan kelas X IPS sebesar 2. Bahwasanya, kelas yang diberikan model pembelajaran problem based learning rata-ratanya lebih besar dari kelas yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Adapun perbedaannya signifikan. Artinya, model pembelajaran problem based learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Nahwu siswa kelas X SMA Sains Wahid Hasyim Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil belajar Nahwu.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Jun 2022 15:13
Last Modified: 10 Jun 2022 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum