KEGIATAN EKSTRAKURIKULER WAJIB PENCAK SILAT TAPAK SUCI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA

Athif Kaisah, NIM.: 13480119 (2019) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER WAJIB PENCAK SILAT TAPAK SUCI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN EKSTRAKURIKULER WAJIB PENCAK SILAT TAPAK SUCI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA)
13480119_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN EKSTRAKURIKULER WAJIB PENCAK SILAT TAPAK SUCI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA)
BAB II_BAB III_BAB 13480119_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Pertama, Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta dalam membangun karakter disiplin siswa. Kedua, Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta dalam membangun karakter tanggungjawab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai kegiatan ekstrakurikuler sebagai salah satu komponen pendukung pendidikan karakter pada lingkup pendidikan dengan Kepala Sekolah, Guru Wali Kelas, Koordinator Kegiatan Ekstakurikuler, Pelatih Tapak Suci, Pendekar Tapak Suci, serta siswa sebagai subjek penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta dalam mengembangkan karakter disiplin dan Tanggungjawab pada Siswa dilakukan dengan cara memberikan pembiasaan mematuhi peraturan, meminta anak – anak untuk terlibat dalam membuat peraturan latihan dan menentukan sanksinya dengan tujuan agar anak – anak lebih bertanggungjawab dalam mematuhi peraturan tersebut karena peraturan tersebut dibuat oleh mereka sendiri, memberi sanksi bagi siswa yang melanggar, pelatih memberikan contoh atau teladan mengenai sikap disiplin dan tanggungjawab, memotivasi siswa dengan memberikan contoh nyata bagaimana sikap disiplin dan tanggungjawab mampu memberikan hasil baik bagi atlit dan orang – orang yang sukses meraih cita – citanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, ekstrakurikuler, Tapak Suci
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Jun 2022 15:45
Last Modified: 10 Jun 2022 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51215

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum