PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TEMA SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK KELAS IV SD/MI

Farah Fauzia, NIM.: 15480035 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TEMA SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TEMA SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK KELAS IV SD/MI)
15480035_BAB I-V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TEMA SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK KELAS IV SD/MI)
15480035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tematik. Guru biasanya hanya menggunakan buku teks dan juga media papan tulis yang disebabkan keterbatasan media pembelajaran. Sehingga pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlihat kurang menarik. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik dan mengetahui kelayakan terhadap produk pop up book untuk suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas IV serta mengetahui respon siswa terhadap produk yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang hanya meliputi 7 tahapan dikarenakan pengembangan ini hanya dilakukan pada skala kecil. Hal tersebut dikarenakan pengembangan produk hanya untuk menguji kualitas produk yang dikembangkan, sehingga tidak untuk diimplementasikan pada skala besar ataupun produksi masal. Tahapan-tahapan pengembangannya yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk format awal, uji coba awal, revisi produk uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan revisi produk (produk akhir). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Penilaian kualitas produk media pembelajaran pop up book ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dua peer reviewer, dua guru, dan respon siswa kelas IV SD/MI. Hasil penilaian kelayakan produk pop up book menurut ahli materi mendapatkan skor 37 dengan kategori sangat baik, penilaian kelayakan produk pop up book dari ahli media mendapatkan skor 43 dengan kategori sangat baik, penilaian dari peer reviewer memperoleh skor 80,5 dengan kategori sangat baik, penilaian dari guru memperoleh skor 82,5 dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil respon siswa kelas IV SD/MI memperoleh rata-rata 9,56 dengan persentase 95,6% dengan kategori respon positif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran pop up book yang telah selesai dikembangkan dikategorikan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran mengenai suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas IV SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Lailatu Rohmah, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pop Up Book, dan Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 Jun 2022 15:22
Last Modified: 20 Jun 2022 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum