PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIMPATIKA) SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sri Damayanti, NIM.: 15490009 (2019) PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIMPATIKA) SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIMPATIKA) SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15490009_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Other (PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIMPATIKA) SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15490009_BAB II_BAB III_BAB IV.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu manfaat dari sistem informasi manajemen dalam organisasi adalah sarana pengambilan keputusan, Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) dalam bidang layanan pendidikan perkembangan sistem informasi manajemen hadir sebagai sistem online pengendalian dan untuk mengelola seluruh kepentingan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Interaksi antara guru dan karyawan yang menjabat sebagai validator dan verifikasi dilakukan secara online tanpa harus bertemu muka dengan muka. Ini bentuk publik administrasi yang interaksinya sepenuhnya online. Aplikasi SIMPATIKA berperan untuk menunjang segala kebutuhan pemerintah dalam menjaring datadata PTK, selayaknya Bidang Pendidikan dan Madrasah (DIKMAD) Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY secara maksimal memanfaatkan data SIMPATIKA sebagai sarana dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah kepala bidang, Kepala Kasi, Staf/Operator SIMPATIKA Kanwil, 3 operator SIMPATIKA lembaga. Pengambilan sampel didasarkan pada kriteria 3M mengetahui, memahami dan mengalami dengan mengunakan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pengelolaan data SIMPATIKA Dibidang DIKMAD Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh operator SIMPATIKA pusat. Dilihat dari bagaimana Pengelolaan SIMPATIKA mulai dari format, pengumpulan data sampai ke penyajian data, SIMPATIKA dapat di jadikan dasar pengambilan keputusan yang akurat. 2. Pengambilan keputusan terkait dengan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di bidang DIKMAD saat ini benar-benar tegas dan komitmen mengikuti peraturan sistem yang telah ditetapkan, karena dasar pengambilan keputusan didasari oleh analisis data SIMPATIKA. 3. kelebihan SIMPATIKA antara lain: (a) Real Time Online Transaction (2)Rule by System (3)Self-Service Technology And Paperless, sedangkan kelemahan adalah KEMENAG tidak memiliki hak paten SIMPATIKA, hal ini menjadi hambatan bagi KEMENAG dalam Pengembangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, pengambilan keputusan
Subjects: Sistem Informasi
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 24 Jun 2022 09:49
Last Modified: 24 Jun 2022 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum